Home / Berita / Konsultasi Publik RPJP TWA Pulau Burung dan Pulau Suwangi

Konsultasi Publik RPJP TWA Pulau Burung dan Pulau Suwangi

1BANJARBARU, 3 JUNI 2020 – Balai KSDA Kalimantan Selatan dengan dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu menggelar rapat Konsultasi Publik TWA Pulau Burung dan Pulau Suwangi pada Rabu tanggal 3 Juni 2020. Konsultasi Publik yang digelar melalui Video Conference (Vicon) tersebut dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu H. Rooswandi Salem, M.Sos., MM dari ruang Kantor  Bupati Tanah Bumbu di Batulicin, dan dihadiri oleh segenap jajaran Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (antara lain BAPPEDA, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPR, Camat Batulicin dan Camat Simpang Empat, Kepala Desa), Unsur DPRD Tanah Bumbu, Tokoh Adat, Akademisi dan pihak swasta.

Konsultasi Publik yang dilaksanakan merupakan bagian dari tahapan proses penyusunan RPJP sebelum mendapatkan penilaian dan pengesahan dari pusat. Selain itu melalui kegiatan ini menjadi sarana komunikasi yang efektif antara pihak BKSDA, Pemda, masyarakat dan stakeholder lainnya untuk menyampaikan aspirasi dan bersinergi guna menghasilkan arah kebijakan pengelolaan TWA Pulau Burung dan Pulau Suwangi yang efektif.

2

Sekretaris Daerah Tanah Bumbu, H. Rooswandi Salem, M.Sos., MM dalam sambutannya saat pembukaan menyampaikan harapan bahwa pengelolaan TWA Pulau Burung dan Pulau Suwangi akan dapat mendorong peningkatan perekonomian masyarakat baik melalui pemanfaatan jasa lingkungan wisata alam kemitraan konservasi serta pemberdayaan masyarakat desa penyangga. Menurutnya Pemda Tanah Bumbu memberikan apresiasi kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan atas terselenggaranya konsultasi publik ini. Selanjutnya Kepala Bappeda Tanah Bumbu Dr. H. M. Damrah, S.Sos, M.Si yang menyampaikan materi dukungan kebijakan Pemda Tanah Bumbu terhadap pengelolaan TWA P. Burung dan P. Suwangi menyatakan bahwa pengembangan pariwisata di Tanah Bumbu termasuk dalam salah satu prioritas  dalam rencana pembangunan jangka panjang dan jangka menengah Kabupaten Tanah Bumbu. Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Hamaluddin Tahir, S.Pd, MM menyampaikan bahwa Disdaorpar siap bekerjasama dengan BKSDA Kalsel dan mempersiapkan program peningkatan kapasitas masyarakat TWA.

3

Berbagai aspirasi dan masukan disampaikan oleh peserta rapat antara lain disampakan H. Abdul Rahim H. Saleng, S.Sos selaku masyarakat asli Pulau Suwangi sekaligus Anggota DPRD Tanah Bimbu menyampaikan agar dalam pengelolaan wisata TWA Pulau Burung dan Pulau Suwangi tetap memperhatikan hak-hak masyarakat setempat. Menanggapi hal tersebut Kepala Balai KSDA Kalsel, Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc menanggapi bahwa ke depan pengelolaan ekowisata di TWA akan memberikan kesempatan kepada masyarakat dan swasta yang akan berpartisipasi. Masyarakat akan diakomodir melalui kemitraan konservasi di blok tradisional dan pihak swasta melalui perjanjian kerjasama di blok pemanfaatan, sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Terkait pembagian blok, dalam prosesnya kami telah melibatkan masyarakat dengan meminta masukan dari tokoh adat, tetua dan perwakilan masyarakat Pulau Burung dan Pulau Suwangi, tambahnya.

4

Konsultasi Publik ini menghasilkan kesepakatan-kesepakatan yang dituangkan dalam Berita Acara Konsultasi Publik Rencana Pengelolaan Jangka Panjang TWA Pulau Burung dan Pulau Suwangi antara lain Sinergitas antara Pemerintah (Pusat dan Daerah), masyarakat dan swasta perlu ditingkatkan sehingga pengelolaan terhadap Taman Wisata Alam Pulau Burung dan Pulau Suwangi menjadi efektif dan efisien; TWA Pulau Burung dan Pulau Suwangi agar dikelola secara efektif, optimal, bermanfaat dan lestari dengan memperhatikan ketersediaan jasa lingkungan, terutama dalam pengembangan potensi obyek daya tarik wisata alam dan potensi ketersediaan air; dan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu memprioritaskan pembangunan pariwisata dengan mengembangkan kemitraan, pemasaran dengan melibatkan masyarakat dan sektor swasta. Berita Acara selanjutnya akan ditandatangani oleh perwakilan peserta. (ryn)

 

 

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by : Mila Rabiati, S.Hut., M.Si (PEH BKSDA Kalsel)

About Admin BKSDA

Check Also

Pelepas-liaran Kukang (Nycticebus menagensis) di TWA Pulau Burung dan Pulau Suwangi SKW 3

BATULICIN, 26 JUNI 2020 – Balai KSDA Kalsel melalui Seksi Konservasi Wilayah III Batulicin melakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *