Home / Berita / Penguatan Kapasitas Masyarakat Sekitar Kawasan CA Gunung Kentawan

Penguatan Kapasitas Masyarakat Sekitar Kawasan CA Gunung Kentawan

1-2020-10-08 at 13.37.13

LOKSADO, 2 OKTOBER 2020 – Balai KSDA Kalimantan Selatan menyelenggarakan penguatan masyarakat melalui kegiatan Pelatihan Budidaya Tanaman Durian dan Jengkol kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) “Datar Belimbing” Desa Hulu Banyu, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.  Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan usaha ekonomi kelompok binaan melalui peningkatan kapasitas Kelompok Pemberdayaan Masyarakat di sekitar daerah penyangga kawasan Cagar Alam Gunung Kentawan.

Pada kesempatan ini Balai KSDA Kalimantan Selatan juga menyerahkan bantuan ekonomi produktif kepada KTH Datar Belimbing sebesar Rp 20 juta yang diwujudkan dalam bentuk pemberian bibit durian unggul (okulasi), bibit jengkol, pupuk, alat semprot (sprayer Solo) dan herbisida.

2-2020-10-08 at 13.37.36

Secara simbolis Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan Dr.Ir.Mahrus Aryadi, M.Sc menyerahkan bantuan kepada Ketua Kelompok Datar Belimbing Bapak Mawardi.  Kepala Balai didampingi KSBTU Suwadi, S.Hut.,M.A, Ka.SKW I Pelaihari Mirta Sari, S.Hut.,M.P, Ka.Resort CA Gunung Kentawan Suhindra Wijaya, S.H beserta Camat Loksado  Rudi Agus F, Kades Hulu Banyu Maslansyah, Kepala Badan Penyuluh Pertanian Kec.Loksado dan anggota kelompok Datar Belimbing.

3-2020-10-08 at 13.37.55

Kegiatan Pelatihan Budidaya Tanaman Durian dan Jengkol ini meliputi pemilihan bibit, pembuatan lubang tanam, pemupukan, penanaman dan pemeliharaan.  Penyampaian materi dan praktik lapangan diberikan oleh Penyuluh Pertanian dari Badan Penyuluh Pertanian Kec.Loksado Kab.HSS Fahruzzaini, S.P.  Dengan adanya pelatihan ini diharapkan anggota Kelompok Tani Hutan Datar Belimbing dapat mengetahui dan menguasai teknik budidaya durian dan jengkol yang benar, sehingga kesempatan hidup dan berkembang dari bibit yang diberikan lebih maksimal.

4-2020-10-08 at 13.38.21

Apresiasi dan terima kasih disampaikan Dr. Mahrus kepada PT Antang Gunung Meratus yg telah mendukung terselenggaranya kegiatan pelatihan ini. (ryn)

 

 

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by: Mirta Sari, S.Hut, M.P (Kepala SKW I Pelaihari) 

About Admin BKSDA

Check Also

Koordinasi Parapihak Penataan TWA Pelaihari Pantai Batakan

PELAIHARI, 1 OKTOBER 2020 – Rapat koordinasi penataan wisata TWA Pelaihari Pantai Batakan dilaksanakan pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *