Home / Berita / Pemberdayaan Masyarakat di CA Teluk Kelumpang

Pemberdayaan Masyarakat di CA Teluk Kelumpang

1-2020-09-04 at 10.12.03

GERONGGANG, 1 SEPTEMBER 2020 – Dalam rangka meningkatkan efektivitas pemberdayaan masyarakat sekitar kawasan, Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan melaksanakan Kegiatan Monitoring dan Pendampingan budidaya sayur menggunakan media tanam Hidroponik serta budidaya ikan dengan metode tambak yang menggunakan terpal di Desa Karang Payau CA Teluk Kelumpang. Monitoring serta pendampingan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan produktivitas kelompok dan berdampak positif pada kesejahteraan anggota kelompok sehingga bisa menjadi contoh bagi masyarakat untuk ikut serta menerapkan budidaya ikan dan hidroponik tersebut. Hal ini juga diharapkan agar bisa menjadi dampak positif bagi kawasan konservasi khususnya Cagar Alam Teluk Kelumpang mengingat masih banyak masyarakat yang bergantung hidup pada kawasan.

2-2020-09-04 at 10.12.21

Monitoring dan pendampingan kelompok ini dihadiri oleh Bapak Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M. Sc. selaku Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan dan di Dampingi KSBTU, Ka. Seksi Konservasi Wilayah III Batulicin serta Ka. Resort Cagar Alam Teluk Kelumpang selaku petugas pemangku kawasan. Kegiatan ini juga dihadiri Ketua DWP Balai KSDA Kalimantan Selatan Ibu Dr. Ir. Fatimah Ahmad Mahrus, M.Si., karena seluruh pengurus dan anggota kelompok tani perempuan semua. Dr. Fatimah dalam kesempatan tersebut memberikan motivasi mesti dilanda Pandemi Covid-19 kita harus tetap semangat, inovatif dan kreatif namun protokol kesehatan harus dilaksanakan. Ketua kelompok tani Ibu Lestari menyampaikan keberhasilan kegiatan hidroponik tanaman Seledri yang sudah dikembangkan di rumah tangga masing-masing anggota kelompok. Hasilnya sudah dijual di pasar desa dan kecamatan.

3-2020-09-04 at 10.13.04

Pada kesempatan ini juga, membantu mengurangi dampak Pandemi Covid-19, BKSDA Kalsel selaku perpanjangan tangan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga menyerahkan bantuan berupa dana sebesar Rp. 25.000.000 untuk kelompok “Harapan Makmur” agar bisa dimanfaatkan untuk pengembangan kegiatan kelompok kedepannya. Diharapkan dukungan dana ini dapat memperluas kegiatan hidroponik dan tambak ikan, sehingga dapat memberi dampak positif yang lebih luas. (ryn)

 

 

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by : Achmad Nabawi (Kepala Resort CA Teluk Kelumpang, SKW III Batulicin) 

About Admin BKSDA

Check Also

Penguatan Kapasitas Masyarakat Sekitar Kawasan CA Gunung Kentawan

LOKSADO, 2 OKTOBER 2020 – Balai KSDA Kalimantan Selatan menyelenggarakan penguatan masyarakat melalui kegiatan Pelatihan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *