Home / Berita / Pemberdayaan Daerah Penyangga Kelompok “Laksamana Bahari” Desa Swarangan SM Pelaihari

Pemberdayaan Daerah Penyangga Kelompok “Laksamana Bahari” Desa Swarangan SM Pelaihari

1-2020-08-25 at 09.40.51

SWARANGAN, 19 AGUSTUS 2020 – Bertempat di Pantai Swarangan Balai KSDA Kalimantan Selatan melaksanakan kegiatan Monitoring dan Pendampingan masyarakat daerah Penyangga Kelompok Usaha Perikanan “Laksmana Bahari” Desa Swarangan Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut resort SM Pelaihari SKW 1.  Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan kegiatan kelompok dilapangan dan menggali permasalahan serta menggali aspirasi anggota kelompok. Kegiatan dihadiri oleh Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc, dan KSBTU BKSDA Kalsel, Suwandi, S.Hut, M.A, serta Kepala Resort SM Pelaihari Akhmad Fauzan, S.Hut dan  tim monitoring serta pengurus dan seluruh anggota kelompok.

2-2020-08-24 at 21.04.12

Pada kegiatan ini Bapak Taibani selaku ketua kelompok menyampaikan hasil perkembangan kelompok serta laporan kegiatan yang telah dilakukan kelompok selama ini.  Usaha yang dikembangkan diantaranya Pembuatan kerupuk ikan, pengemasan ikan kering dan pengemasan botol Sambal goreng.  Produk yang dikembangkan kelompok Laksmana Bahari  sudah mendapatkan izin P.IRT dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Laut dan dipasarkan pada kegiatan pameran tingkat kabupaten. Bantuan yang telah diserahkan oleh BKSDA Kalimantan Selatan digunakan untuk modal kelompok dan membeli peralatan untuk mendukung pengolahan seperti penggiling daging ikan untuk pembuatan kerupuk. Terkait pandemi di tahun 2020, Taibani menyampaikan kelompok akan melakukan pengolahan produk kembali di akhir Agustus pada fase Adaptasi Kebiasaan Baru ini.

3-2020-08-24 at 21.05.17

Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan Dr. Mahrus dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa kegiatan monitoring dan pendampingan sebagai  sarana menyambung silaturahmi serta mendukung dan memperkuat usaha perikanan yang dijalankan oleh kelompok.  Selain itu disampaikan  Hubungan kemitraan antara Balai KSDA Kalimantan Selatan dengan kelompok sebagai saluran komunikasi khususnya terkait pengamanan kawasan, dimana kelompok berperan sebagai informan apabila terjadi gangguan di kawasan konservasi SM. Pelaihari.  Diharapkan pula untuk saling menjaga keseimbangan ekosistem kawasan.

Terkait produk-produk yang telah dihasilkan Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan mengapresiasi dan mendukung usaha yang telah dilakukan oleh kelompok serta siap membantu pemasaran.  Diharapkan Output (produk) dan outcome (pendapatan/pembagian SHU) yang dihasilkan oleh kelompok bisa lebih ditingkatkan.  Selain itu juga diharapkan dari sisi kekerabatan kelompok semakin erat dan secara teknis kehutanan kemitraan ini bermanfaat terhadap perlindungan kawasan konservasi. (ryn)

 

 

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by: Akhmad Fauzan, S.Hut (Penyuluh SKW I Pelaihari) 

About Admin BKSDA

Check Also

Penguatan Kapasitas Masyarakat Sekitar Kawasan CA Gunung Kentawan

LOKSADO, 2 OKTOBER 2020 – Balai KSDA Kalimantan Selatan menyelenggarakan penguatan masyarakat melalui kegiatan Pelatihan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *