Home / Berita / Pelepasliaran Burung Sitaan di TWA Pulau Burung Tanah Bumbu

Pelepasliaran Burung Sitaan di TWA Pulau Burung Tanah Bumbu

1WhatsApp Image 2019-11-29 at 09.27.25BATULICIN, 26 NOVEMBER 2019 – Balai Karantina Kelas I Banjarmasin Wilayah Kerja Batulicin pada hari senin, 25 November 2019 melakukan penyitaan berupa hewan jenis burung yang dilindungi, dan tidak dilindungi. Dikarenakan tidak memiliki surat ijin angkut satwa, dibawa dengan menggunakan pickup yang rencana dikirim ke Semarang, melalui pelabuhan Samudra Batulicin. Selanjutnya Balai Karantina Kelas I Banjarmasin Wilayah Kerja Batulicin melakukan koordinasi dengan BKSDA Kalsel Seksi Konservasi Wilayah III Batulicin untuk melakukan serah terima barang sitaan berbagai jenis burung tersebut,  diantaranya Burung Cililin 2 ekor (Dilindungi), Burung Kacer 1 ekor, Kapas Tembak  54 ekor, Burung Kolibri 265 ekor, Burung Cucak Jenggot 9 ekor, Burung Pleci 10 ekor, Burung Gelatik 40 ekor dan burung jenis Yuhina 169 ekor, dengan total keseluruhan burung yang disita sebanyak 550 ekor.

2WhatsApp Image 2019-11-29 at 09.28.15 (1)

Arahan kepala SKW III Batulicin Nikmat Hakim Pasaribu, S.P, M.Sc agar secepatnya satwa dilepasliarkan menghindari terjadianya kematian. Burung tersebut dilepaskan pada hari Selasa tanggal 26 November 2019 di Desa Pulau Burung yang termasuk wilayah Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu. Desa Pulau Burung tersebut termasuk Taman Wisata Alam yang merupakan wilayah kerja Seksi Konservasi Wilayah III Batulicin.

3WhatsApp Image 2019-11-29 at 09.28.15

Kegiatan Pelepasliaran mendapat apresiasi dari Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan Dr. Ir. Mahrus Aryadi M.Sc, menurut beliau dengan dilepasliarkannya burung-burung tersebut di TWA Pulau Burung akan menambah keanekaragaman jenis satwa khususnya satwa burung. Pelepasliaran dilakukan oleh Yopi Azhar dan Muhammad Tejar Polisi Kehutanan dari Seksi Konservasi Wilayah III Batulicin dan Drh Maslida Iriyani dan Panji Pintaririanto selaku Paramedik Ventiriner dari Balai Karantina Kelas I Banjarmasin Wilayah Kerja Batulicin, didampingi Kepala Desa Pulau Burung Bapak Saidina bersama stafnya dan juga satu mahasiswa dari Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat Fitria Naimatin Kasanah yang lagi penelitian akhir. (ryn)

 

 

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by : Muhammad Tejar (Polhut SKW III Batulicin) 

About Admin BKSDA

Check Also

Peningkatan Kapasitas SDM Masyarakat Desa Sembilang CA Teluk Kelumpang

SEMBILANG, 27 NOVEMBER 2019 – Silaturahmi ke Desa Sembilang merupakan bagian dari penguatan SDM kepada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *