Home / Berita / Kemitraan Konservasi Solusi Konflik Bermartabat

Kemitraan Konservasi Solusi Konflik Bermartabat

Kemitraan Konservasi Solusi Konflik Bermartabat (01)
BATAKAN, 27 Mei 2019 – Dalam rangka persiapan pembentukan Kemitraan Konservasi di TWA Pelaihari, Senin (27/5/2019) diselenggarakan pertemuan di Balai Desa Batakan. Pertemuan ini dihadiri oleh Kepala Balai KSDA Kalsel Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc., Kepala SKW 1 Pelaihari Mirta Sari, S.Hut, M.P, Kepala Resort TWA Pelaihari Alfredo De Araujo, Kepala Desa Batakan Bapak Arsani dan masyarakat peladang Desa Batakan. Masyarakat ini merupakan calon mitra konservasi di TWA Pelaihari. 

Pertemuan ini diisi dengan diskusi konsep kemitraan konservasi agar bisa dipahami dan kebijakan KLHK terkai t dengan masyarakat di dalam dan sekitar kawasan konservasi. Kepala Balai KSDA Kalsel menyebutkan bahwa Pembentukan Mitra Konservasi ini merupakan program Pemerintah berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal KSDAE No: P.6/KSDAE/SET/Kum.1/6/2018 tentang Kemitraan Konservasi pada Kawasan Suaka Alam dan Kawasan Pelestarian Alam yang diamanahkan melalui BKSDA Kalsel untuk melakukan kerja sama dalam rangka pemberdayaan  masyarakat dan atau pemulihan ekosistem. 
Kemitraan Konservasi Solusi Konflik Bermartabat (02)
Menurut Kepala BKSDA Kalsel, program Kemitraan Konservasi merupakan program kerjasama yang mendudukkan masyarakat Desa sebagai pelaku utama untuk mengelola lahan menjadi produktif sekaligus lestari sesuai fungsinya. “Untuk itu keterlibatan dan dukungan Kepala Desa serta kerja sama masyarakat dalam mendorong percepatan pembentukan Mitra Konservasi di TWA Pelaihari Kabupaten Tanah Laut sangat penting”.

Berdasarkan hasil diskusi, semua pihak baik Aparatur desa dan masyarakat yang terlibat menyatakan siap dalam penyiapan usulan kerja sama dalam rangka pemberdayaan masyarakat setempat kepada BKSDA Kalsel berupa legalitas pemohon calon mitra (KTP) dan Naskah Perjanjian Kerjasama (NPKS) yang memuat lokasi serta rencana kegiatan. Disepakati target penyelesaian persiapan administrasi dan ground cek lapangan pada  bulan pertengahan bulan Juni 2019. (jrz)

 

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by : Nadya Arta Uly Siagian, S.H (Polhut SKW I Pelaihari)

About Admin BKSDA

Check Also

Evakuasi dan Pelepasliaran Si Kuntet Buaya Muara dari Desa Sukaramai Kec. Wanaraya Kab. Barito Kuala

Banjarbaru, 3 Juli 2019 – BKSDA Kalsel mendapat laporan terkait adanya satwa liar yang dilindungi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *