Home / Berita / Bantuan Pemberdayaan Masyarakat di TWA Pelaihari SKW I

Bantuan Pemberdayaan Masyarakat di TWA Pelaihari SKW I

1-2020-08-19 at 09.17.59

BATAKAN, 14 AGUSTUS 2020 – Balai KSDA Kalimantan Selatan melaksanakan penyerahan bantuan pemberdayaan masyarakat bertempat di Taman Wisata Alam Pelaihari Pantai Batakan. Tujuan kegiatan ini dalam rangka pengembangan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan mendukung peningkatan ekonomi masyarakat sekitar kawasan yang terdampak pandemi Covid-19.

Penyerahan bantuan sebesar 20 juta rupiah untuk kelompok Jasa Wisata “Maju Bersama” dan 50 juta untuk kelompok kemitraan konservasi “Tani Lestari” yang diserahkan langsung oleh Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc, didampingi Kepala SKW 1 Pelaihari Mirta Sari, S.Hut., M.P. dan Kepala Resort TWA Pelaihari Alfredo De Araujo serta disaksikan oleh Kepala Desa Batakan Bapak Arsani, Perwakilan Kecamatan Panyipatan, Perwakilan Dinas Pariwisata, Babinsa dan Babintibmas serta tokoh masyarakat lainnya.

2-2020-08-19 at 09.19.47

Kepala Balai Dr. Mahrus menyampaikan bahwa kegiatan pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu sarana komunikasi dan penguatan silaturahmi antara pengelola kawasan dengan masyarakat sekitarnya. Kepada anggota kelompok masyarakat agar dapat digunakan secara tepat, transparan dan manfaat. Bantuan ini jangan sampai menimbulkan perselisihan yang dapat merugikan semua pihak. Sebaliknya, bantuan ini untuk bersama-sama memajukan Pantai Batakan dan peningkatan ekonomi.

3-2020-08-19 at 09.20.39

Acara tersebut makin terasa spesial dengan bergabungnya Direktur Jenderal KSDAE Bapak Ir. Wiratno, M.Sc di sela kesibukan beliau. Dalam diskusi dan obrolan hangat dengan kelompok masyarakat mitra konservasi Tani Lestari dan Maju Bersama, Dirjen KSDAE lewat virtual menanyakan kepada masyarakat tentang potensi yang dapat dikembangkan di daerah sekitar kawasan TWA Pelaihari Pantai Batakan. Dalam akhir diskusi, Bapak Ir. Wiratno, M.Sc memberikan arahan agar kelompok masyarakat memiliki kas/ tabungan kelompok yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan  bantuan secara terencana, efisien, transparan dan manfaat guna peningkatan usaha ekonomi masyarakat sekitar kawasan. (ryn)

 

 

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by : Nadya Arta Uly Siagian, S.H (Polhut SKW I Pelaihari) 

About Admin BKSDA

Check Also

Penguatan Kapasitas Masyarakat Sekitar Kawasan CA Gunung Kentawan

LOKSADO, 2 OKTOBER 2020 – Balai KSDA Kalimantan Selatan menyelenggarakan penguatan masyarakat melalui kegiatan Pelatihan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *