Home / Berita / Aksi Bersih Sampah di TWA Pulau Bakut Menyongsong HKAN 2020

Aksi Bersih Sampah di TWA Pulau Bakut Menyongsong HKAN 2020

1-2020-08-11 at 11.30.38

BARITO KUALA, 10 AGUSTUS 2020 – Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan melakukan aksi bersih sampah di kawasan konservasi tepatnya di Taman Wisata Alam Pulau Bakut Kabupaten Barito Kuala. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai rangkaian Road to HKAN 2020 yang selalu diperingati setiap tahunnya pada tanggal 10 Agustus. Dikarenakan kondisi pandemi covid-19 puncak peringatan HKAN 2020 ditunda pelaksanaanya dan sebagai penggantinya seluruh UPT Ditjen KSDAE melakukan aksi bersih sampah di seluruh kawasan konservasi.

2-IMG_6203

Aksi bersih sampah di TWA Pulau Bakut dihadiri peserta sekitar 50 orang terdiri dari unsur BKSDA Kalsel, Dinas Pemuda, Olah Raga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Barito Kuala, Camat Anjir Muara, Camat Alalak, unsur Koramil Anjir Muara dan Alalak, Polsek Anjir Muara dan Alalak, Kepala Desa Beringin serta masyarakat mitra pariwisata.

Kepala BKSDA Kalimantan Selatan Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc. menyatakan bahwa peringatan HKAN 2020 yang mengusung tema “Nagara Rimba Nusa – Merawat Peradaban Menjaga Alam” memiliki makna bahwa semangat konservasi alam era peradaban maju menjadi tanggung jawab semua pihak. Lebih lanjut Dr. Mahrus menyampaikan bahwa peringatan HKAN 2020 dilaksanakan dalam suasana keprihatinan karena adanya pandemi covid-19 sehingga jumlah peserta yang dilibatkan dibatasi dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Aksi bersih sampah di TWA Pulau Bakut merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang diagendakan dalam menyongsong HKAN 2020. Balai KSDA Kalimantan Selatan sebelumnya telah melakukan kegiatan talkshow melalui siaran radio dan televisi, pelepasliaran satwa Bekantan dan Elang serta penanaman mangrove.

Pada akhir kegiatan Kepala BKSDA Kalsel menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh peserta undangan yang hadir dan berharap agar aksi bersih sampah di TWA Pulau Bakut dalam rangka memperingati HKAN 2020 dapat dijadikan momentum untuk mengkampanyekan pentingnya keberadan hutan konservasi bagi kehidupan peradaban manusia dimasa mendatang… Salam Konservasi Hu..Ha.. Hu . Ha (ryn)

 

 

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by : M. Ridwan Effendi, S.Hut, M.Si (Kepala SKW II Banjarbaru) 

About Admin BKSDA

Check Also

Pemberdayaan Masyarakat di CA Teluk Kelumpang

GERONGGANG, 1 SEPTEMBER 2020 – Dalam rangka meningkatkan efektivitas pemberdayaan masyarakat sekitar kawasan, Balai Konservasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *