Home / Wild / Evakuasi Satwa Liar / TRANSLOKASI BEKANTAN KE TWA BUSUWA

TRANSLOKASI BEKANTAN KE TWA BUSUWA

Batulicin, Jumat 8 Oktober 2021.

Kantor Seksi Konservasi Wilayah III menerima laporan jika ada video yang beredar adanya satwa Bekantan yang masuk kerumah warga, kejadian ini terjadi di kecamatan Mentewe, Kabupaten Kotabaru. Setelah mendapat laporan tersebut Kepala SKW III Nikmat Pasaribu SP, M.Sc, menunjuk tim Lapangan yang juga Kepala Resort TWA Busuwa Muhammad Tejar untuk mengecek ke tempat kejadian.

Tim SKW III bersama TIM KPH Kusan menuju lokasi, sesampai disana Satwa Bekantan telah di amankan oleh Bapak Bani selaku pemilik Rumah. Bekantan yang masuk kerumah berjenis kelamin Jantan dan dalam keadaan sehat. Tim yang bertugas langsung mentranslokasi Bekantan tersebut ke TWA Busuwa, khususnya Pulau Suwangi, yang mana Pulau Suwangi merupakan habitat asli Bekantan. Diharapkan setelah dilepasliarkan Bekantan bisa beradaptasi dan berkembang biak dengan baik.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan Dr. Mahrus Aryadi menghimbau kepada Masyarakat untuk ikut membantu dan menjaga kelestarian flora dan fauna, khususnya Bekantan dimana Bekantan adalah Maskot dari Kalimantan Selatan. Apresiasi disampaikan kepada masyarakat yang aktif terlibat dalam perlindungan dan pengawetan flora dan fauna.

Doc & source : Maulinda (staf SKW III)
Muhammad Tejar (Kepala Resord TWA Pulau Burung Pulau Suwangi)

About Admin BKSDA

Check Also

BKSDA Kalsel Kembali Mengamankan Satwa Tanpa Dokumen

BANJARBARU, 20 November 2018 – Balai KSDA Kalimantan Selatan kembali mengamankan peredaran satwa liar tanpa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *