Home / Berita / Sinergitas Parapihak mendukung Pengelolaan TWA Pelaihari Pantai Batakan

Sinergitas Parapihak mendukung Pengelolaan TWA Pelaihari Pantai Batakan

1-2021-04-13 at 12.54.30

BATAKAN, 8 APRIL 2021 – Balai KSDA Kalimantan Selatan bersama Pemerintah Desa Batakan menyerahkan Bantuan Sarana dan Prasarana kebersihan Pantai Batakan TWA Pelaihari kepada Kelompok Jasa Wisata “Maju Bersama” sebagai komitmen bersama dalam upaya peningkatan usaha ekonomi produktif bidang wisata. Bantuan dari Balai KSDA Kalimantan Selatan sebesar Rp. 30.000.000,- digunakan untuk membeli 1 (satu) unit kendaraan roda 3 (tiga), ember sampah, sapu lidi, garpu keruk masing-masing 25 (dua puluh lima). Dari anggaran Pemerintah Desa Batakan memberikan bak sampah tarik sebanyak 5 (lima) buah.

Secara simbolis Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc. menyerahkan bantuan kepada Kelompok Jasa Wisata “Maju Bersama” yang diwakilkan oleh Bapak Ahmadi selaku ketua kelompok, didampingi KSBTU Suwandi, S.Hut, M.A.,  Kepala SKW I Mirta Sari, S.Hut, M.P., Kepala Resort TWA Pelaihari Alfian Soehara, Camat Panyipatan Agus Setiyo, S.STP., M.M., Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut, Kapolsek Panyipatan,  Komandan Pos TNI AL Batakan, Kepala Desa Batakan Bapak Arsani. Sebelum penyerahan bantuan, dilaksanakan Nota Kesepahaman antara BKSDA Kalsel dengan Kelompok Jasa Wisata “Maju Bersama” yang disaksikan oleh Kepala Desa Batakan dan Camat Panyipatan.

2-2021-04-13 at 12.55.01

Dalam sambutan Camat Panyipatan Bapak Agus Setiyo S.STP., M.M. berpesan bahwa pemberian bantuan berupa sarana dan prasarana ini diharapakan dapat digunakan dengan sebaik-baiknya. Diharapkan anggota kelompok menjaga dan merawat agar bermanfaat untuk kepentingan kebersihan Pantai Batakan TWA Pelaihari. Pada kesempatan ini Kepala Desa Batakan juga mengucapkan terima kasih kepada Balai KSDA Kalimantan Selatan atas bantuannya kepada masyarakat Desa Batakan yang termasuk dalam Kelompok Jasa Wisata “Maju Bersama”. Perwakilan Kepala Dinas Pariwisata mengharapkan agar ke depannya sinergitas antar lembaga baik pusat dan daerah (Whole of Goverment) dapat terjalin secara simultan agar tujuan bersama yang diharapkan dalam membangun Pantai Batakan TWA Pelaihari dapat terlaksana. Sambutan terakhir disampaikan oleh Kepala Balai KSDA Kalsel yang mengingatkan kembali agar tidak adanya kecemburuan sosial antara Pantai Batakan yang dikelola Dinas Pariwisata dan Pantai Batakan TWA Pelaihari yang dikelola Balai KSDA Kalimantan Selatan. Karena pada hakikatnya, keseluruhan masyarakat di pantai sama-sama masyarakat Desa Batakan yang membutuhkan dukungan agar mampu meningkatkan usaha ekonomi produktif masyarakat.

3-2021-04-13 at 12.55.49

Dengan dibantunya sarana dan prasarana kebersihan Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan berpesan kepada pengelola jasa wisata diharapkan bisa lebih meningkatkan kebersihan pada wisata pantai di TWA Pelaihari. Dengan begitu, diharapkan bisa menambah daya tarik wisatawan serta bisa menigkatkan ekonomi masyarakat Desa penyangga TWA Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. (ryn)

 

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by: Nadya Arta Uly Siagian, S.H (Polhut SKW I Pelaihari) 

About Admin BKSDA

Check Also

Pemulihan Ekosistem Mekanisme Alami di SM Pelaihari

PELAIHARI, 6 JULI 2021 – Resort Jorong SKW I Pelaihari BKSDA Kalimantan Selatan melakukan giat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *