Home / Berita / Road to HKAN 2021: Pembersihan Sampah dan Penanaman Mangrove di TWA BUSUWA

Road to HKAN 2021: Pembersihan Sampah dan Penanaman Mangrove di TWA BUSUWA

1-2021-03-25 at 16.57.11

PULAU BURUNG, 24 MARET 2021 – BKSDA Kalsel telah memeriahkan Road to HKAN 2021 di Taman Wisata Alam Pulau Burung dan Pulau Suwangi (TWA BUSUWA) dengan acara Pembersihan Sampah dan Penanaman di Sekitar Pulau Burung. Acara dihadiri oleh Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan Bapak Dr. Ir. Mahrus Aryadi M.Sc didampingi oleh Bapak KSBTU Suwandi S.Hut beserta Kepala Seksi Konservasi Wilayah 3 Bapak Nikmat Hakim Pasaribu, SP, M.Sc, acara ini juga dihadiri oleh Ketua DWP Balai KSDA Kalimantan Selatan Ibu Dr. Hj. Fatimah Ahmad Mahrus, M.Si. serta Kepala Desa Pulau Burung Bapak Saidina dan Kaur Pemerintahan Bapak Elmi.

2-2021-03-29 at 14.52.54

Kegiatan pembersihan sampah dan penanaman mangrove ini disambut antusias oleh warga Desa Pulau Burung. Masyarakat sangat bersemangat dalam mengikuti semua rangkaian acara dari awal hingga berakhirnya acara. Dari sebanyak 32 orang peserta terkumpul sebanyak 224,5 kilogram sampah dengan klasifikasi sampah non organik (kantong plastik, botol plastik dan kaca, kaleng dll). Sampah yang telah terkumpul di buang panitia pelaksana ke TPA Sungai Dua kabupaten Tanah Bumbu.

3-2021-03-29 at 14.53.37

Muhammad Tejar selaku Kepala Resort TWA Pulau Burung Pulau Suwangi sekaligus ketua panitia pada acara ini menuturkan laporan pelaksanaan kegiatan dan berharap dari kegiatan ini bisa meningkatkan pengelolaan kawasan untuk daya tarik wisata. Kepala Desa Bapak Saidina mengharapkan agar kegiatan bersih bersih inj mejadi kegiatan yang berkelajutan. Kepala Balai Dr. Mahrus Aryadi menyampaikan didalam kegiatan ini merupakan  salah satu sinergi hubungan antara BKSDA dan Masyarakat untuk terus menjalin tali silaturahmi agar TWA Busuwa bisa berkembang pesat.

TWA Pulau Burung Pulau Suwangi yang mulai berkembang menjadi salah satu contoh untuk daerah lain untuk meningkatkan nilai wisata di setiap daerah, dan pada kesempatan ini Ketua DWP BKSDA Ibu Fatimah menawarkan untuk memberikan pelatihan kepada para ibu-ibu setempat untuk dilatih menanam sayuran hidroponik sehingga nanti para pengunjung selain menikmati indahnya alam pulau burung pulau suwangi bisa berwisata panen sayur yang telah dikelola ibu-ibu disana.

Rangkaian kegiatan membersihkan sampah bersama dan penanaman mangrove ditutup dengan pembagian hadiah untuk pengumpul sampah terberat dan juga hadiah lainnya (doorprize), dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. (ryn)

 

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by : Muhammad Tejar (Kepala Resort TWA Busuwa) 

About Admin BKSDA

Check Also

Ekspose Hasil Kajian Evaluasi Kesesuaian Fungsi SM. Pulau Kaget

MARABAHAN, 27 Oktober 2021 – Bertempat di Aula Mufakat komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten Barito Kuala,  …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *