Home / Berita / Rapat Efektivitas Selama Work From Home (WFH) Balai KSDA Kalimantan Selatan

Rapat Efektivitas Selama Work From Home (WFH) Balai KSDA Kalimantan Selatan

2020-04-22 at 11.57.34BANJARBARU, 17 APRIL 2020 – Penyakit Virus Corona atau Covid-19 merupakan penyakit yang berbahaya dan wajib diwaspadai untuk semua orang, penyakit ini sudah melanda di seluruh dunia sampai wilayah Indonesia dan sekitarnya. Kita seharusnya menjaga diri agar tidak terkena virus tersebut, karena sekarang ini virus tersebut sudah merambat ke wilayah Kalimantan Selatan. Sebagaimana arahan dari pusat bahwa kita di haruskan untuk hidup bersih sehat agar kekebalan tubuh kita tetap terjaga. Lingkup BKSDA Kalimantan Selatan juga melakukan Work From Home (WFH) sebagai mana arahan dari pusat bahwa kita diharuskan untuk di rumah aja, kecuali ada keperluan mendesak dan kita diwajibkan untuk datang ke kantor.

Berhubungan dengan WFH tim Kepegawaian selalu melaporkan kegiatan kepegawaian selama covid. Melaporkan blanko data dan informasi kebutuhan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan covid-19 berupa kebutuhan masker, kebutuhan sabun tangan, kebutuhan hand sanitizer, Thermo gun dan Penyemprotan desinfektan yang dibutuhkan di lingkup BKSDA Kalsel. Melaporkan jumlah pegawai total, pegawai yang kerja dikantor (piket), pegawai yang kerja dirumah (WFH), pegawai yang sehat dan pegawai yang dalam keadaan sakit kepada Kepala Balai. Melaporkan blanko kinerja work from home (WFH) dalam rangka masa tanggap darurat covid-19 dengan menyampaikan pekerjaan yang dilakukan di rumah paling lambat pukul 16.00 WITA untuk dilaporkan ke Bagian Kepegawaian dan Ortala Setditjen KSDAE setiap harinya.

Tim Keuangan melakukan Pekerjaan sesuai dengan tupoksinya, terkait verifikasi SPJ dapat dilaksanakan di rumah. Semua aktifitas yang dikerjaan menggunakan aplikasi online dan email. Koordinator saling berkoordinasi melalui dengan anggota melalui WA dalam melaksanakan pekerjaan agar semua urusan administrasi keuangan dapat diselesaikan. Untuk urusan KKH apabila ada informasi atau surat masuk akan ditanggapi dan didistribusikan melalu WA atau email. Kalau ada pengunjung juga kami tangani dan layani seperti pada umumnya. KKH juga merencanakan satwa yang di SKW 2 akan dilakukan pelepasliaran. Konsultasi perizinan kami tetap melayani seperti biasa, bisa juga konsultasi melalui WhatsApp.

Terkait pembagian tugas diperencanaan dan kerjasama, semua pembagian sudah sesuai dengan tupoksi. Pada saat di kantor beberapa disposisi sudah masuk dan di konfirmasi serta ditindak lanjuti, untuk beberapa mitra minta data bisa di tindak lanjuti via WhatsApp.

Bagian perlengkapan sudah membagi sesuai tupoksi untuk bagian persediaan, waktu WFH bisa melakukan entri data di rumah masing-masing. Kami juga mencek kelengkapan persediaan, kalau ada barang-barang yang habis segera kami penuhi. Begitu juga dengan pajak kendaraan bermotor dan koreksi pecantatan untuk tanah.

Urusan KK pembagian tugas masing-masing tim sudah terlaksana sesuai rencana, tim sudah melaksanakan pembagian tugasnya. Kalau ada tugas masuk dari pusat kami konfirmasi lewat WhatsApp. Kalau perlu akan datang ke kantor sesuai jadwal yang bersangkutan. Untuk tim yang bertugas dan masih menyelesaikan laporan diharapkan berhati-hati dalam bekerja dan selalu jaga kesehatan.

SKW 1 melalukan tugas piket harian sesuai dengan jadwal piket yang ditentukan. Yang mendapat jadwal piket diharapkan hadir di kantor, yang tidak hadir diharapkan membuat laporan WFH, untuk kegiatan lapangan sementara ini tidak bisa dilakukan. Karena ada pembatasan dari wilayah masing-masing. Kegiatan yang masih bisa berjalan yaitu yang berada dilingkungan tempat tinggal mereka masing-masing. SKW 2 Untuk piket sudah efektif berjalan. Teman-teman yang di rumah diharuskan melaporkan kegiatan WFH setiap hari. Ada 13 jenis satwa yg bisa dilepasliar yang berada di SKW 1 dan SKW 2. Kepala SKW 3 Terkait teman-teman SKW 3 sejak tanggal 9 April 2020 daerah Tanah Bumbu masuk zona merah, kantor SKW 3 berada di wilayah tersebut. Salah satu teman kita juga desanya terkena lockdown. Terkait laporan WFH teman-teman ada laporan menggunakan aplikasi setiap hari dan bisa dikontrol dari mana saja. Terkait piket, beberapa anggota kami yang domisili di Banjarbaru diharapkan kalau tidak penting jangan berangkat ke wilayah Tanah Bumbu atau Kotabaru.

Kepala Balai menyampaikan agar setiap Koordinator Urusan untuk memonitor anggota masing masing dan berkoordinasi dalam melaksanakan pekerjaan selama WFH. Apabila ada anggota yang mengalami tanda-tanda sakit langsung memeriksa kesehatan agar tetap terjaga, dan juga semua koordinator urusan semua menjaga kesehatan, mematuhi arahan dari pemerintah. Masing-masing koordinator cek anggota tim jika ada hal penting segera menyampaikan ke KSBTU dan Urusan Kepegawaian terkait kesehatan. Selalu menjaga Kekompakan tim agar Covid-19 bisa ditanggulangi secara cepat. Begitu juga arahan dari KSBTU setiap hari melakukan update apabila ada anggota yang sakit dan dilaporkan ke Koordinator Kepegawaian agar data tetap update. (ryn)

 

 

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by : Mariyono (Staf BKSDA Kalsel) 

About Admin BKSDA

Check Also

Pencegahan Penyebaran Covid-19 dengan Disinfektan di Resort CA Teluk Kelumpang SKW III

GERONGGANG, 15 April 2020 – Berdasarkan data Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan COVID-19 Kalimantan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *