Home / Berita / Percepatan RPP dan RKT BKSDA Kalsel dengan PT. Adaro Indonesia

Percepatan RPP dan RKT BKSDA Kalsel dengan PT. Adaro Indonesia

Percepatan RPP dan RKT BKSDA Kalsel dengan PT. Adaro Indonesia (01)
BANJARBARU, 15 FEBRUARI 2019 – Bertempat di ruang rapat Balai KSDA Kalimantan Selatan, tim PT. Adaro Indonesia telah  berkunjung dan silaturahmi sekaligus membahas RPP dan RKT untuk Perjanjian Kerjasama (PKS) “Penguatan Fungsi Pengelolaan TWA Pulau Bakut di Kalimantan Selatan”.

Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan, Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc beserta jajaran staf sangat menyambut baik kedatangan dan mengapresiasi PT. Adaro Indonesia yang bersedia meluangkan waktu hadir di Balai KSDA Kalimantan Selatan. “Pertemuan kali ini sebagai langkah percepatan untuk penyelesaian RPP dan RKT agar segera dilaksanakan penandatanganan”, tutur Rusdi Husin dari PT. Adaro Indonesia Jakarta.

 
Percepatan RPP dan RKT BKSDA Kalsel dengan PT. Adaro Indonesia (02)
Sektor pariwisata di kawasan konservasi penting mendukung program Nasional dan Provinsi Kalimantan Selatan yang berfokus pada pariwisata berbasis alam. Potensi-potensi pariwisata alam di daerah harus dikembangkan, apalagi TWA Pulau Bakut memiliki potensi yang sangat besar baik dari sisi geografi, aksesibilitas maupun alam. Nilai tambah dari TWA Pulau Bakut adalah karena merupakan habitat alami satwa endemik Kalimantan Selatan yang terancam punah yaitu bekantan.

“Selain sebagai Taman Wisata Alam, Pulau Bakut juga sebagai Santuari Bekantan Riparian yang bertujuan untuk menjaga, merawat dan melestarikan populasi bekantan”, tutur Mahrus.  Balai KSDA Kalimantan Selatan mendapat dukungan penuh dari PT. Adaro Indonesia untuk pengelolaan TWA Pulau Bakut berupa kegiatan pengawetan flora dan fauna, pengembangan sarana dan prasarana, pemulihan habitat bekantan, pusat rehabilitasi bekantan, pusat edukasi konservasi bekantan, pemberdayaan masyarakat serta promosi dan publikasi skala regional, nasional dan internasional.

 
Percepatan RPP dan RKT BKSDA Kalsel dengan PT. Adaro Indonesia (03)
Dalam kesempatan ini, Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc juga menyampaikan bahwa berdasarkan pertemuan dengan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, Dr. Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut, M.P, pada bulan Maret 2019 mendatang TWA Pulau Bakut berkesempatan menjadi salah satu destinasi wisata di Kalimantan Selatan yang akan dikunjungi oleh Duta Besar Finlandia dan rombongan, sehingga momen tersebut harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai sarana promosi dalam skala internasional.

Kunjungan PT. Adaro Indonesia dilanjutkan ke TWA Pulau Bakut yang didampingi oleh Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan, KSBTU, Kepala Seksi II Banjarbaru beserta tim. Sebelum berangkat, Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan bersama Perwakilan PT. Adaro Indonesia di Kalsel, Bapak Rizki telah menandatangani Berita Acara hasil pertemuan. Juga telah memberikan cinderamata berupa boneka bekantan untuk PT. Adaro Indonesia sebagai tanda terima kasih karena telah bersedia berkunjung ke Balai KSDA Kalimantan Selatan. (jrz)

 

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by : Prawira Aditya Rahman, SE (Staf BKSDA Kalsel)

About Admin BKSDA

Check Also

Rombongan Kedubes RI untuk Finlandia dan Estonia Kunjungi TWA Pulau Bakut

BARITO KUALA, 13 MARET 2019 – Duta Besar Luar Biasa Republik Indonesia (RI) untuk Finlandia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *