Home / Berita / Percepatan dan Efisiensi Serapan DIPA 2021

Percepatan dan Efisiensi Serapan DIPA 2021

1-2021-05-28 at 10.38.48

BANJARBARU, 18 MEI 2021 – Dalam rangka percepatan pelaksanaan kegiatan dan penyerapan anggaran tahun 2021, Balai KSDA Kalsel mengadakan rapat evaluasi pelaksanaan kegiatan dan anggaran pada tanggal 18 Mei 2021 di ruang rapat Balai KSDA Kalsel. Dalam awal sambutannya Kepala Balai KSDA Kalsel Dr.Ir.Mahrus Aryadi,M.Sc mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H bagi pegawai yang merayakan, jadikan momentum lebaran untuk mempererat silaturahmi, kerja sama dan kekompakan dalam bekerja, tambahnya. Acara dilaksanakan sesuai protokol kesehatan secara terbatas dengan hanya mengundang Kepala SKW I,II dan III, koordinator urusan dan staf terkait.

Agenda rapat adalah untuk menyusun strategi dalam rangka percepatan pelaksanaan kegiatan dan anggaran. Jadwal pelaksanaan kegiatan harus disusun ulang karena menyesuaikan revisi anggaran yang dilakukan oleh Eselon-1 Ditjen KSDAE dalam rangka mengakomodir kegiatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Realisasi penyerapan anggaran per 18 Mei 2021 masih sebesar 30,62% dengan realisasi belanja pegawai sebesar 35,42% belanja barang 24,81% dan belanja modal sebesar 57,53%, Adapun berdasarkan sumber dana, realisasi rupiah murni adalah sebesar 33,69% dan PNBP sebesar 12,13%. Realisasi anggaran sampai akhir Juni 2021 ditargetkan mencapai 50% kata Dr.Mahrus. Untuk itu segera dijadwalkan ulang tata waktu kegiatan dan pelaksanaannya, apabila diperlukan gunakan mekanisme TUP dalam rangka penyediaan dana kegiatan, demikian arahan Dr.Mahrus.

2-2021-05-28 at 10.38.36

Dalam hal kinerja, Dr. Mahrus mengingatkan terkait Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) yang terdiri dari tiga belas indikator yaitu revisi DIPA, deviasi hal III DIPA, pagu minus, data kontrak, pengelolaan UP dan TUP, LPj bendahara, dispensasi SPM, penyerapan anggaran, penyelesaian tagihan, capaian output, retur SP2D, RPD dan kesalahan SPM. Untuk menjadi perhatian adalah indikator deviasi hal III DIPA dan capaian output tutur Dr. Mahrus karena sangat mempengaruhi nilai IKPA Balai KSDA Kalsel secara keseluruhan.

Sebagai penutup Dr. Mahrus mengajak seluruh pegawai untuk selalu menjaga kekompakan dalam bekerja dengan “Gerak CTM” Cepat, Tepat dan Manfaat, dan filosofi “Salam Bekantan” serta tidak lupa mengingatkan kepada setiap pegawai untuk selalu menjaga protokol kesehatan untuk menekan penyebaran virus Covid-19 dengan 4M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta mendukung Vaksinasi). (ryn)

 

 

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by : Prawira Aditya Rahman, S.E (Staf BKSDA Kalsel) 

About Admin BKSDA

Check Also

Ekspose Hasil Kajian Evaluasi Kesesuaian Fungsi SM. Pulau Kaget

MARABAHAN, 27 Oktober 2021 – Bertempat di Aula Mufakat komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten Barito Kuala,  …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *