Home / Berita / Penguatan Modal Kelompok Pelestari Anggrek di SM Pelaihari

Penguatan Modal Kelompok Pelestari Anggrek di SM Pelaihari

1-2021-08-06 at 14.02.08

PELAIHARI, 27 JULI 2021 – Anggrek Bulan Pelaihari (Phalaenopsis amabilis) merupakan salah satu jenis anggrek yang ada di Kabupaten Tanah Laut. Anggrek ini memiliki ciri khas bunga yang berwarna bunga putih bersih dengan sedikit corak kuning pada bagian ujungnya. Keberadaan jenis anggrek ini di alam semakin sulit ditemui hal ini dikarenakan berbagai faktor baik itu disebabkan oleh alam seperti kebakaran hutan dan lahan maupun disebabkan oleh aktifitas pengambilan anggrek di alam secara berlebihan mengingat nilai ekonomi jenis anggrek ini cukup tinggi.

Kelompok Amabilis lestari merupakan kelompok pecinta dan penggiat konservasi anggrek binaan BKSDA Kalimantan Selatan, telah dibentuk pada Bulan November tahun 2018. Misi dan tujuan utama kelompok ini adalah mengembalikan dan mengembangkan populasi jenis Anggrek Bulan Pelaihari, sehingga semakin dikenal keindahannya. Selama kelompok dibentuk, banyak dinamika yang dialami kelompok salah satunya adalah kurangnya dana dalam rangka pengembangan demplot anggrek milik kelompok tersebut. Adanya bantuan dari BKSDA Kalimantan Selatan menjadi angin segar bagi kelompok untuk mengembangkan demplot anggrek milik mereka. Bantuan tersebut nantinya akan diperuntukkan untuk pembelian dan perbanyakan induk jenis Anggrek Bulan Pelaihari.

Penyerahan bantuan ini diserahkan langsung oleh Kepala BKSDA Kalimantan Selatan Bapak Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc. dengan didampingi oleh Ibu Dr. Ir. Fatimah Ahmad, M.Si selaku Ketua Dharma Wanita Persatuan BKSDA KalSel, Ibu Mirta Sari, S.Hut, M.P selaku Kepala SKW I Pelaihari, Bapak Debi Imam Saputra, S.Hut, Bapak Akhmad Fauzan, S.Hut dan Bapak Badrul Arifin.

2-2021-08-06 at 14.04.58

Dalam kegiatan ini Bapak Hermanto selaku ketua kelompok Amabilis Lestari menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian, dukungan dan bantuan dari BKSDA Kalimantan Selatan. “Kami sangat bersyukur dan bangga atas kedatangan dan bantuan dari Balai KSDA Kalimantan Selatan. Terima kasih kepada teman-teman dari BKSDA Kalimantan Selatan yang tak bosan-bosannya mendampingi kami selama ini,” ucapnya. Selain itu Hermanto menyampaikan kelompok ini akan berupaya untuk menjalin kerja sama dengan instansi terkait guna mendukung upaya pembudidayaan Anggrek Bulan Pelaihari.

3-2021-08-06 at 14.05.51

Dalam arahannya Kepala BKSDA Kalimantan Selatan sangat menghargai usaha kelompok dalam rangka menjaga kelestarian flora dan fauna khas Kalimantan Selatan dalam hal ini menjaga kelestarian Anggrek Bulan Pelaihari. Kepala BKSDA Kalimantan Selatan juga berharap agar bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan menjadi pemicu penyemangat kelompok dalam melestarikan jenis Anggrek Bulan Pelaihari dan kedepannya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok dari hasil budidaya jenis Anggrek Bulan Pelaihari. Diakhir diskusi beliau berharap agar kelompok Amabilis Lestari tetap kompak dan solid dalam upaya pengembangan dan pelestarian Anggrek Bulan Pelaihari. (ryn)

 

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by : Badrul Arifin, S.Hut (PEH SKW I Pelaihari) 

About Admin BKSDA

Check Also

Ekspose Hasil Kajian Evaluasi Kesesuaian Fungsi SM. Pulau Kaget

MARABAHAN, 27 Oktober 2021 – Bertempat di Aula Mufakat komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten Barito Kuala,  …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *