Home / Berita / Penguatan Kelompok dan Kesepakatan Konservasi di SM. Pulau Kaget

Penguatan Kelompok dan Kesepakatan Konservasi di SM. Pulau Kaget

1-2021-09-10 at 13.49.14

SUNGAI TERAS LUAR, 2 SEPTEMBER 2021 – Balai KSDA Kalimantan Selatan melalui Seksi Konservasi Wilayah II Banjarbaru melaksanakan kegiatan Pembentukan Kelompok Pemberdayaan Masyarakat Daerah Penyangga Kawasan SM Pulau Kaget dan Fasilitasi Kesepakatan Konservasi dengan Pemerintah Desa yang dilaksanakan di Desa Sungai Teras Luar.

Pemberdayaan masyarakat sekitar kawasan konservasi merupakan upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran, serta memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan, program, kegiatan, dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Tabunganen Khairani, S.AP., M.AP, Kepala Balai KSDA Kalsel Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc didampingi Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Banjarbaru Mokh. Ridwan Effendi, S.Hut M.Si, Danramil Tabunganen Kapten Inf. Mahfudiansyah, Kapolsek Tabunganen AKP  L. Simbolon, Kepala Resort SM.Kuala Lupak dan SM. Pulau Kaget Ahmad Barkati, Kepala Desa Sungai Teras Luar Anang Muhdiansyah serta Narasumber dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

2-2021-09-10 at 13.48.21

Acara diawali dengan sambutan dari Camat Tabunganen Bapak Khairani, S.AP., M.AP yang dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan dan mengharapkan kegiatan seperti ini dapat terus berkelanjutan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, semoga kelompok yang telah dibentuk bisa berjalan dengan lancar sehingga dapat menjadi contoh di tempat lain.

Dalam kesempatan ini Dr. Mahrus menyampaikan bahwa dengan keterbatasan jumlah petugas pada kawasan SM Kuala Lupak dan SM Pulau Kaget kegiatan pemberdayaan ini merupakan salah satu bentuk pelibatan masyarakat dalam mengelola kawasan konservasi untuk dapat terus menjaga kelestarian keanekaragaman hayati yang ada di kawasan konservasi wilayah Kabupaten Barito Kuala. Balai KSDA Kalimantan Selatan akan memberikan akses kawasan kepada masyarakat dengan syarat selalu aktif menjaga kelestariannya dan hanya boleh memanfaatkan hasil hutan bukan kayu dan jasa wisata. Kepala Balai juga mengingatkan dengan adanya kesepakatan konservasi dan pembentukan kelompok membuka peluang bagi masyarakat mendapat bantuan dari instansi lain namun tetap harus didampingi dan diawasi oleh petugas dari Balai KSDA Kalimantan Selatan.

3-2021-09-10 at 13.50.02

Hasil dari kegiatan Pembentukan Kelompok Pemberdayaan Masyarakat di sekitar Kawasan SM Pulau Kaget yaitu Desa Sungai Telan Besar dengan jumlah anggota terdiri dari 20 (dua puluh) orang, telah disepakati bersama Nama Kelompok dan organisasi pengurus kelompok. Nama Kelompok “Maju Bersama” dengan susunan pengurus Ketua: Wahyudi, Sekertaris: Midi dan Bendahara: Arpan, Setelah pembentukan ini diharapkan kepada kelompok agar menyusun rencana kerja lima tahun dan rencana kerja tahunan kelompok yang telah terbentuk sehingga dapat mendukung kelancaran usaha dan bisa menambah pendapatan masyarakat.

Tindak lanjut dari kegiatan Pembentukan Kelompok ini akan dilakukan kesepakatan konservasi dengan pemerintah desa sehingga dengan adanya kesepakatan ini menjadi langkah awal untuk memberikan kepastian hukum bagi masyarakat desa yang melakukan aktivitas di dalam kawasan konservasi dan mendukung kegiatan pengelolaan kawasan oleh Balai KSDA Kalimantan Selatan.  (ryn)

 

 

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by : Suparni, S.Hut (PEH BKSDA Kalsel)

About Admin BKSDA

Check Also

Konsultasi Publik Desain Tapak TWA Busuwa

BATULICIN, 21 SEPTEMBER 2021 – Pada hari Selasa bertempat di Hotel Ebony Tanah Bumbu, Balai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *