Home / Berita / Penguatan Kapasitas MPA di SM Kuala Lupak dan Pulau Kaget

Penguatan Kapasitas MPA di SM Kuala Lupak dan Pulau Kaget

1-2021-04-06 at 10.06.28

SUNGAI TELAN BESAR, 1 APRIL 2021 – Balai KSDA Kalimantan Selatan melalui Seksi Konservasi Wilayah II Banjarbaru dalam rangka menghadapi musim kemarau 2021 melaksanakan penguatan kapasitas Masyarakat Peduli Api (MPA) SM Kuala Lupak dan Pulau Kaget yang dilaksanakan di Kantor Desa Sungai Telan Besar. Keberadaan Kelompok MPA merupakan salah satu komponen pendukung yang sangat penting dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan sehingga perlu diberikan pembinaan atau penguatan kapasitas terkait upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan khususnya pada kawasan konservasi secara rutin dan berkesinambungan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Balai KSDA Kalsel Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc didampingi Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Banjarbaru M. Ridwan Effendi, S.Hut M.Si, Kepala Resort SM.Kuala Lupak dan SM. Pulau Kaget Ahmad Barkati serta Urusan Pengendalian Kebakaran Hutan Suparni, S.Hut.

2-2021-04-06 at 10.06.28

Acara diawali dengan sambutan dari Kepala Desa Sungai Telan Besar Bapak Amberin yang dalam sambutanya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan yang telah menunjuk pihaknya untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut dan siap mendukung BKSDA Kalimantan Selatan dalam upaya pencegahan kebakaran di kawasan konservasi SM. Kuala Lupak.

Kepala Balai Kalsel Dr. Mahrus mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan pembinaan Kelompok Masayarakat Peduli Api ini diharapkan agar kelompok MPA secara sukarela peduli terhadap upaya pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan khususnya pada kawasan SM Kuala Lupak dan Pulau Kaget. Pembinaan ini bertujuan untuk menguatkan kelembagaan dan meningkatkan kapasitas MPA dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan serta sebagai upaya antisipasi bahaya kebakaran menjelang musim kemarau. Lebih lanjut Dr. Mahrus juga menyampaikan pentingnya menjaga Kawasan Konservasi dan Mandat Pengendalian Kebakaran Hutan Bagi UPT Ditjen KSDAE berdasarkan PERMENLHK No. P.8/Menlhk/Setjen/OTL.0/1/2016 Tentang Organisasi dan Tata Kerja UPT Konservasi Sumber Daya Alam yaitu salah satunya Pengendalian kebakaran hutan di Cagar Alam, Suaka Margasatwa, Taman Wisata Alam dan Taman Buru. Kegiatan Pembinaan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat serta merangsang tumbuhnya inisiatif masyarakat dalam pelestarian ekosistem lingkungan kawasan konservasi.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan terhadap kelompok MPA yang telah dibentuk oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan pada Tahun 2020 sebanyak 30 (tiga puluh) orang terdiri dari 15 (lima belas) orang masyarakat Desa Sungai Telan Besar dan 15 (lima belas) orang masyarakat Desa Tabunganen Muara. Adapun materi yang diberikan kepada peserta dalam kegiatan ini berupa kesiagsiagaan kejadian Karhutla, peran serta masyarakat (pembukaan lahan tanpa bakar), penguatan kelembagaan MPA, pengenalan peralatan pemadaman, simulasi dasar pemadaman, dan juga praktek pemadaman lanjutan.

Acara penguatan kapasitas MPA SM Kuala Lupak dan Pulau Kaget ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. (ryn)

 

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by : Suparni, S.Hut (PEH BKSDA Kalsel) 

About Admin BKSDA

Check Also

Ekspose Hasil Kajian Evaluasi Kesesuaian Fungsi SM. Pulau Kaget

MARABAHAN, 27 Oktober 2021 – Bertempat di Aula Mufakat komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten Barito Kuala,  …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *