Home / Berita / Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara BKSDA Kalsel dengan PT PLN (Persero)

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara BKSDA Kalsel dengan PT PLN (Persero)

1-2021-03-13 at 10.10.01

BANJARBARU, 10 MARET 2021 – Menindaklanjuti Surat Dirjen KSDAE tanggal 23 Oktober 2020 perihal Persetujuan Kerja Sama Penempatan dan Pengoperasian Jaringan Transmisi SUTT 150 kV GI Trisakti-GI Seberang Barito di Kawasan TWA Pulau Kembang a.n. PT PLN (Persero), BKSDA Kalsel bersama PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Dan Penyaluran Kalimantan melakukan pertemuan di aula kantor PT PLN (Persero). Hadir pada kesempatan ini Kepala Balai KSDA Kalsel Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc., Kepala Sub Bag TU BKSDA Kalsel Suwandi, S.Hut., M.A, Kepala Seksi Konsevasi Wilayah II Banjarbaru yang diwakili oleh Cecep Budiarto, S.Hut., Kepala Resort TWA Pulau Kembang Suwandi, Koordinator Kerja Sama Franscisca SJM, S.H., M.Ling dan staf terkait. Pihak PT PLN (Persero) dihadiri oleh General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Dan Penyaluran Kalimantan Daniel Eliawardhana, Senior Manager SDM dan Umum Sujana, Manajer UPT Kalselteng Jamrotin, Senior Manager Transmisi yang diwakili oleh Muksin, Pejabat Pengendali K3L Erfan Julianto, dan staf terkait.

2-2021-03-13 at 10.10.02

Pertemuan yang dilakukan dalam rangka penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Pembangunan Strategis yang Tidak Dapat Dielakkan Berupa Penempatan dan Pengoperasian Jaringan Transmisi SUTT 150 kV Gardu Induk Trisakti – Gardu Induk Seberang Barito Di Kawasan Taman Wisata Alam Pulau Kembang, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan. Daniel Eliawardhana dalam sambutannya mengatakan menyambut baik dan berterima kasih atas dilanjutkannya Perjanjian Kerja Sama dengan BKSDA Kalsel. PKS ini merupaksn bagian penting peran PLN untuk lingkungan dan masyarakat sekitarnya.  Dr. Mahrus dalam sambutannya menyampaikan, “Kami mengharapkan dengan adanya PKS ini dapat membantu meningkatkan efektivitas dan fungsi TWA Pulau Kembang menjadi lebih baik lagi, mengingat kawasan ini memiliki daya tarik selain keunikan satwanya namun juga sebagai wisata religi. Selain itu juga, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan TWA.”

3-2021-03-13 at 10.10.02

Perjanjian kerja sama ini dilakukan untuk mengakomodir legalitas keberadaan jaringan transmisi di dalam TWA Pulau Kembang. Ruang lingkup kerja sama ini meliputi:

  1. Pemeliharaan dan pengelolaan Tapak Tower dan 2 (dua) buah Menara serta Jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV.
  2. Perlindungan dan pengamanan kawasan berupa inventarisasi dan pembuatan peta kerawanan hutan, pencegahan gangguan, identifikasi tanda batas, penguatan tenaga pengamanan termasuk pembentukan pengamanan swakarsa, patroli dan penanggulangan kebakaran.
  3. Penyediaan sarana dan prasarana yang menunjang pelaksanaan kerja sama dan pengelolaan Kawasan.
  4. Pengawetan flora dan fauna berupa identifikasi, inventarisasi, pembinaan habitat dan populasi, penyelamatan jenis, pengkajian, penelitian dan pengembangan.
  5. Pemulihan ekosistem berupa rehabilitasi dan restorasi kawasan.

Masa berlaku kerja sama ini 10 (sepuluh) tahun terhitung sejak ditandatangani dokumen PKS. (ryn)

 

 

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by : Francisca SJM, S.H., M.Ling (Staf BKSDA Kalsel) 

About Admin BKSDA

Check Also

Ekspose Hasil Kajian Evaluasi Kesesuaian Fungsi SM. Pulau Kaget

MARABAHAN, 27 Oktober 2021 – Bertempat di Aula Mufakat komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten Barito Kuala,  …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *