Home / Berita / Monev Pemulihan Ekosistem Rehab DAS di SM Kuala Lupak

Monev Pemulihan Ekosistem Rehab DAS di SM Kuala Lupak

1-2021-02-19 at 13.56.36

KUALA LUPAK, 17 FEBRUARI 2021 – Kegiatan pemulihan ekosistem di Suaka Marga Satwa Kuala Lupak khususnya di Sungai Bakau telah selesai dilaksanakan. Penanaman dimulai  Bulan Maret 2020 sampai dengan Januari 2021 dengan luasan yang ditanam 128 Ha dan  jenis tanaman Bakau Jangkar. Pelaksana kegiatan penanaman adalah Kelompok Kemitraan  Konservasi “ Suka Maju “ Desa Kuala Lupak Kecamatan Tabunganen Kabubaten Barito Kuala dengan sumber dana dari pihak ketiga (PT Adaro Indonesia) melalui Kegiatan Penanaman Rehabilitasi DAS Bagi Pemegang IPPKH PT. Adaro Indonesia.

Dalam rangka melihat langsung hasil penanaman di Sungai Bakau, pada hari Rabu 17 Februari 2021 Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc didampingi Kepala SKW II Banjarbaru M. Ridwan Effendi, S.Hut.,M.Si dan Kepala Resort SM. Kuala Lupak Barkati melakukan peninjauan lapangan. Berdasarkan keterangan Bapak Jawase selaku Ketua Kelompok Kemitraan Konservasi Suka Maju, penanaman telah selesai dilaksanakan dengan  prosentase tumbuh tanaman saat ini sekitar 90–95% . Gangguan hama yang terjadi berupa  serangan kepiting pada batang biji / bibit bakau dari mulai awal penanaman sampai saat ini. Lebih lanjut Jawase mengatakan bahwa saat ini akan dilakukan pemeliharaan tanaman tahun pertama (P1) dengan jumlah bibit yang dipersiapkan sebanyak 20 % yaitu sekitar 28.160 batang.

2-2021-02-19 at 13.56.37

Dr. Mahrus mengingatkan  kepada Ketua Kelompok dan anggota yang hadir, bahwa kegiatan pemulihan ekosistem di SM. Kuala Lupak dengan system silvofisheri adalah salah satu upaya BKSDA Kalimantan Selatan untuk menyelesaikan konflik tenurial yang sudah berlangsung selama puluhan tahun. Dengan skema kemitraan konservasi diharapkan agar kegiatan pemulihan ekosistem di SM. Kuala Lupak dapat memberikan manfaat baik untuk kawasan SM Kuala Lupak yang fungsinya sebagai kawasan konservasi maupun untuk masyarakat sekitar hutan yang selama ini telah memanfaatkan potensi kawasan konservasi SM. Kuala Lupak. Lebih lanjut Kepala BKSDA Kalsel berpesan kepada Kelompok Kemitraan Konservasi “Suka Maju “ agar mereka menjaga keberadaan tanaman dengan sebaik-baiknya, mempertahankan tingkat pertumbuhan dan bahkan mempertahankannya dengan cara terus mengganti tanaman yang mati supaya tujuan dari kegiatan pemulihan ekosistem ini dapat tercapai. Hadir pada kegiatan tersebut Heri dan luqman perwakilan dari PT. Adaro Indonesia, Faisal dari RLI dan H. Helmi selaku vendor penamaman.

3-2021-02-19 at 13.56.38

Saat berada di lokasi, Kepala BKSDA Kalimantan Selatan dan Kepala SKW II Banjarbaru melakukan penanaman di Petak 17 sebagai tanda di mulainya kegiatan pemeliharaan tahun pertama (P1) pemulihan ekosistem di SM Kuala Lupak. Pemeliharaan akan dilaksanakan oleh kelompok kemitraan konservasi Suka Maju bersama vendor. (ryn)

 

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by : Cecep Budiarto, S.Hut (Penyuluh Kehutanan SKW II Banjarbaru) 

About Admin BKSDA

Check Also

Lahiran Rusa Sambar di Penangkaran PLTU Asam-Asam SKW I Pelaihari

PELAIHARI, 5 FEBRUARI 2021 – Penangkaran rusa sambar (Cervus unicolor) milik PLTU Asam-Asam dengan nomor …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *