Home / Berita / Monev Pemberdayaan Masyarakat Mitra Pariwisata di TWA Pulau Bakut

Monev Pemberdayaan Masyarakat Mitra Pariwisata di TWA Pulau Bakut

1-2021-08-25 at 13.30.34

BARITO KUALA, 22 AGUSTUS 2021 – Balai KSDA Kalimantan Selatan melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi serta pendampingan masyarakat daerah penyangga Kelompok Masyarakat Mitra Pariwisata Pulau Bakut Lestari Desa Beringin dan Kelompok Masyarakat Mitra Pariwisata Pulau Bakut Bekantan Sejahtera Desa Marabahan Baru Kabupaten Barito Kuala Resort TWA Pulau Bakut. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan kegiatan kelompok dilapangan baik secara langsung maupun tidak langsung, sehingga bisa mempertanggungjawabkan kegiatan yang telah dilaksanakan. Selain itu juga sebagai pengawasan dan evaluasi terhadap perkembangan dari kegiatan kelompok, menggali permasalahan dan kendala serta usulan kelompok  untuk mensiasati pandemi covid 19.

Monitoring dan Pendampingan ini dihadiri oleh Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc., Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Mokh Ridwan Effendi S.Hut M.Si, dan Kepala Resort TWA Pulau Bakut Iman Riyanto, S,Hut bersama tim monitoring. Pertemuan dilaksanakan di mushola TWA Pulau Bakut dan dihadiri 6 orang anggota sebagai perwakilan kelompok. Hal ini menyesuaikan protokol kesehatan.

Pada kesempatan ini Dr. Mahrus menyampaikan bahwa dalam monitoring dan pendampingan ini yang perlu diperhatikan adalah perkembangan terkait pengelolaan wisata yang sampai saat ini belum dapat dibuka mengingat kondisi pandemi Covid 19. Dalam rangka persiapan dibuka kembalinya kegiatan wisata akan dibangun beberapa sapras wisata diantaranya gazebo sebagai tempat pusat informasi dan edukasi BKSDA Kalimantan Selatan, juga berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala untuk bersama-sama mengembangkan wisata melalui kelompok masyarakatnya serta mengingatkan agar anggota kelompok kelompok yang ada di TWA Pulau Bakut, juga saling menghargai, menguatkan dan saling percaya. Lebih lanjut Dr. Mahrus menyampaikan bahwa agar kelompok juga bersabar dan bertahan dalam situasi pandemi kegiatan wisata untuk sementara belum dapat dibuka untuk umum. Dan untuk kegiatan peningkatan kapasitas kelompok TWA Pulau Bakut untuk sementara ditunda menunggu situasi pandemi mereda namun beberapa agenda yang telah disusun oleh Kepala Balai KSDA dengan PT. Adaro Indonesia pembangunan sapras akan tetap dilaksanakan di tahun ini dan tahun tahun 2022.

2-IMG_0447

Mardhiah, Ketua Kelompok Mitra Pariwisata Pulau Bakut Bekantan Sejahtera Desa Marabahan Baru menyampaikan terkait pengelolaan bantuan yang akan diterima akan berdiskusi terlebih dahulu dengan anggota kelompok, agar bantuan lebih bermanfaatan dan berkembang. Sementara H. Zainudin Ketua Kelompok Masyarakat Mitra Pariwisata Pulau Bakut Lestari Desa Beringin berharap agar ada usaha home industry yang bisa dilakukan oleh anggota kelompoknya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan kelompok Masyarakat Mitra Pariwisata yang ada di TWA Pulau Bakut dapat berkembang lebih baik dan mandiri sekaligus dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar Kawasan. (ryn)

 

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by : Heri Sofian (PEH BKSDA Kalsel) 

About Admin BKSDA

Check Also

Konsultasi Publik Desain Tapak TWA Busuwa

BATULICIN, 21 SEPTEMBER 2021 – Pada hari Selasa bertempat di Hotel Ebony Tanah Bumbu, Balai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *