Home / Berita / Masyarakat Mitra Polhut (MMP) CA Teluk Pamukan Perkuat Silaturahmi dan Pengamanan Kawasan

Masyarakat Mitra Polhut (MMP) CA Teluk Pamukan Perkuat Silaturahmi dan Pengamanan Kawasan

Masyarakat Mitra Polhut (MMP) CA Teluk Pamukan Perkuat Silaturahmi dan Pengamanan Kawasan (01)
KOTABARU, 27 Maret 2019 – Balai KSDA Kalimantan Selatan melaksanakan kegiatan pembentukan Masyarakat Mitra Polhut  (MMP) di sekitar CA Teluk Pamukan pada hari ini (27/03/2019) sebagai salah satu wujud pengelolaan partisipatif bersama masyarakat yang dilaksanakan di Desa Gunung Batu Besar, Kecamatan Sampanahan Kabupaten Kotabaru.

Acara dihadiri oleh Camat Sampanahan Rakhmansyah, S.Pd, MM, Kapolsek, Danramil, Kepala Desa sekitar kawasan seperti Desa Sepapah, Sungai Betung, Gunung Batu Besar, Papa’an, Rampa Manunggul, Basuang, dan Sakalimau, serta tokoh masyarakat. Peserta sebanyak 30 orang sebagai perwakilan masing-masing desa.

Masyarakat Mitra Polhut (MMP) CA Teluk Pamukan Perkuat Silaturahmi dan Pengamanan Kawasan (02)
Dibuka oleh Kepala BKSDA Kalsel Dr.Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc, yang didampingi Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Nikmat Hakim Pasaribu, S.P, M.Sc. dan Kepala Resort CA Teluk Pamukan Agung Reynanto Rizal, S.Hut serta tim Polhut BKSDA Kalsel. Kepala Balai menyampaikan bahwa pembentukan MMP ini sebagai wujud kebersamaan dengan masyarakat setempat sekaligus ajang silahturahmi serta membangun kesepahaman dan kebersamaan dalam pengelolaan CA Teluk Pamukan bersama masyarakat sekitar. Output dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan rasa kepedulian kepada masyarakat untuk berinisiatif menjaga sumber daya alam dan ekosistem CA Teluk Pamukan.

Sesi diskusi menghangat ketika salah satu tokoh masyarakat Desa Sepapah Bapak Supriyadi yang mengeluhkan tidak bisa membuat sertifikat di dalam kawasan CA dan tidak ada bantuan dari pemerintah. Menanggapi keluhan tersebut, Mahrus menjelaskan tentang skema Perhutanan Sosial, khususnya Perdirjen KSDAE Nomor 6 tahun 2018 tentang Kemitraan Konservasi. Setidaknya ada 2 desa yang keseluruhan wilayahnya masuk CA, secara sejarah ada sebelum ditetapkan menjadi Cagar Alam. Kami akan meminta petunjuk Dirjen KSDAE untuk kawasan Cagar Alam yang masyarakatnya siap untuk ikut skema Kemitraan Konservasi.

Masyarakat Mitra Polhut (MMP) CA Teluk Pamukan Perkuat Silaturahmi dan Pengamanan Kawasan (03)
Camat Sampanahan, Rakhmansyah berharap ada solusi untuk desa-desa yang berada di dalam kawasan CA, masyarakat merasa dianaktirikan karena bantuan pemerintah tidak bisa maksimal. Pemerintah Kecamatan Sampanahan siap mendukung kegiatan Kemitraan Konservasi dan berharap bisa segera dilaksanakan untuk mengurangi konflik dan percepatan pembangunan. Rakhmansyah juga sangat mengapresiasi keberadaan MMP di wilayah kerjanya, karena memudahkan komunikasi dan koordinasi. (jrz)

 

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by : Agung Reynanto Rizal, S.Hut (Kepala Resort CA Teluk Pamukan, SKW III Batulicin)

About Admin BKSDA

Check Also

Evakuasi dan Pelepasliaran Si Kuntet Buaya Muara dari Desa Sukaramai Kec. Wanaraya Kab. Barito Kuala

Banjarbaru, 3 Juli 2019 – BKSDA Kalsel mendapat laporan terkait adanya satwa liar yang dilindungi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *