Home / Berita / Kunjungan Penangkaran Anggrek di SKW 1 Pelaihari

Kunjungan Penangkaran Anggrek di SKW 1 Pelaihari

1-2021-08-01 at 18.52.41

PELAIHARI, 24 JULI 2021 – BKSDA Kalsel melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap pemanfaat tumbuhan dan satwa liar (TSL) khususnya terhadap penangkaran anggrek dan Nepenthes di Kabupaten Tanah Laut wilayah kerja SKW I Pelaihari. Kunjungan dipimpin langsung oleh Kepala BKSDA Kalsel Dr.Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc., didampingi Kepala SKW I Mirta Sari, S.Hut, M.P., dan Kepala Resort Jorong Akhmad Fauzan, S.Hut serta Ketua DWP BKSDA Kalsel Dr. Fatimah Ahmad. Kunjungan dilakukan ke penangkaran anggrek dan Nepenthes Flora Floranesia yang bertempat di Desa Karang Taruna Kota Pelaihari Kahupaten Tanah Laut.

2-2021-08-01 at 18.52.54

Penangkaran dikelola oleh Bp.Anggun Angkasa BP, S.T, M.T., seorang dosen Teknik Mesin Poltek Tanah Laut yang memiliki ketertarikan untuk mengembangkan anggrek spesies Kalimantan dan  spesies lainnya. Metode penangkaran ini dengan perbanyakan tumbuhan secara buatan (Artificial propagation), dengan sarana penunjang terdiri dari green house dengan luas 18×12 m2 dan juga laboratorium kultur jaringan. Kunjungan ini dalam rangka memenuhi persyaratan Pertimbangan Teknis pengajuan izin penangkar ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui BKSDA Kalsel.

3-2021-08-01 at 18.53.10

Dr. Mahrus mengapresiasi kepada Pak Angkasa dan para pelaku pemanfaat TSL yang mau mengembangbiakkan jenis-jenis dilindungi maupun tidak. Upaya ini salah satunya untuk menjaga keseimbangan tumbuhan di alam. Harapannya kedepan, penghobi/ pemanfaat tidak lagi mengambil di alam, tetapi mereka memanfaatkan dari hasil budidaya.

Dalam kunjungan ini juga Kepala Balai mengingatkan bahwa dari hasil penangkaran nanti yang menjadi kewajiban bagi penangkar adalah melakukan penanaman kembali di alam agar populasi anggrek di alam tetap lestari dan terjaga keseimbangan ekosistemnya. (ryn)

 

 

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by : Mirta Sari, S.Hut, M.P (Kepala SKW I Pelaihari) 

About Admin BKSDA

Check Also

Satwa Liar Dilindungi di Evakuasi untuk Dilepasliarkan

AMUNTAI, 7 SEPTEMBER 2021 – Kepala Resort Benua Anam, Suhindra Wijaya, S.H. menerima laporan dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *