Home / Berita / Konsolidasi Internal di SKW 3 Batulicin

Konsolidasi Internal di SKW 3 Batulicin

1-2021-02-17 at 10.44.38

BATULICIN, 10 FEBRUARI 2021 – Kepala Balai KSDA Kalsel Dr.Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc didampingi oleh KSBTU Suwandi,S.Hut.,M.A dan tim kepegawaian serta keuangan mengadakan kunjungan ke kantor SKW III Batulicin pada tanggal 10 Februari 2021. Kunjungan ini dalam rangka pembinaan pegawai lingkup SKW III Batulicin. Selain pembinaan pegawai juga dilaksanakan sosialisasi desain penyelenggaraan SPIP Balai KSDA Kalsel tahun 2021 dan sosialisasi pengelolaan keuangan terkait perubahan Standar Biaya Masukan 2021.

Kegiatan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan dengan jumlah peserta sebanyak 19 (sembilan belas) orang yang terdiri dari Kepala Resort dan pegawai lainnya baik dari PNS maupun PPNPN. Kepala Seksi sedang masa pemulihan sehabis sakit sehingga berhalangan hadir dalam acara pembinaan pegawai ini lapor Plh. Kepala SKW III Batulicin Fakhruraji. Dr. Mahrus kemudian memimpin doa dan mengajak seluruh pegawai yang berhadir untuk mendoakan semoga Kepala SKW III Batulicin Nikmat Hakim Pasaribu, S.P.,M.Sc segera pulih dan dapat berkumpul kembali bersama keluarga besar Balai KSDA Kalsel untuk menjalankan tugas.

2-2021-02-17 at 10.46.22

Dalam sambutannya Dr. Mahrus menyampaikan bahwa seluruh pegawai harus selalu menjaga kekompakan, kebersamaan dan kepedulian dengan dasar keikhlasan sehingga seluruh pekerjaan akan terasa ringan dan mudah, tidak lupa selalu bersyukur akan kesehatan, keselamatan dan keberkahan yang telah diberikan Tuhan kepada kita semua. Sebagai pembina kepegawaian di Balai KSDA Kalsel, Suwandi mengingatkan agar setiap pegawai bekerja sesuai tugas dan fungsi serta SKP yang telah ditetapkan, juga kewajiban seperti pelaporan SPT Tahunan, LHKPN melalui SIHARKA jangan dilupakan karena dimonitor oleh pusat.

Dalam hal pengelolaan keuangan terdapat perubahan SBM dalam rangka adaptasi kebiasaan baru untuk pelaksanaan anggaran pada tahun 2021 berupa pengendalian kegiatan rapat, paket meeting, honorarium dan lainnya. Ketaatan terhadap peraturan merupakan hal yang sangat penting dalam pelaksanaan anggaran karena dalam setiap kegiatan dan transaksi merupakan suatu perbuatan hukum sehingga harus sesuai kebijakan, rencana, prosedur dan peraturan yang berlaku. Desain SPIP merupakan salah satu alat pengendalian dalam pelaksanaan kegiatan sehingga dapat menjadi kontrol internal. Pada tahun 2021 terdapat 77 (tujuh puluh tujuh) kegiatan yang diidentifikasi, dimana menghasilkan 336 (tiga ratus tiga puluh enam) risiko teridentifikasi, 29 (dua puluh sembilan) risiko signifikan dan 15 (lima belas) SOP pengendalian. Adapun risiko signifikan yang terdapat pada kegiatan SKW 3 Batulicin sebanyak 4 (empat) kegiatan utama yaitu bantuan pengembangan usaha ekonomi produktif, pemulihan ekosistem, penyusunan RPJP CA Teluk Pamukan dan CA SLSB dan penyusunan desain tapak TWA Pulau BuSuwa. Selain itu terdapat 2 (dua) kegiatan pendukung antara lain pengelolaan keuangan dan penanganan Covid-19.

Pengukuran kinerja merupakan hal yang sangat penting, karena diukur sampai pada tahap outcome sehingga hasil dari kegiatan-kegiatan Balai KSDA Kalsel diharapkan dapat dirasakan secara optimal oleh masyarakat. Sebagai penutup Dr. Mahrus mengajak seluruh pegawai untuk bekerja dengan “Gerak CTM” Cepat, Tepat Manfaat, dan filosofi “Salam Bekantan” serta tidak lupa mengingatkan kepada setiap pegawai untuk selalu menjaga protokol kesehatan untuk menekan penyebaran virus Covid-19 dengan 4M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta mendukung Vaksinasi). (ryn)

 

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by : Prawira Aditya Rahman, S.E (Staf BKSDA Kalsel) 

About Admin BKSDA

Check Also

Ekspose Hasil Kajian Evaluasi Kesesuaian Fungsi SM. Pulau Kaget

MARABAHAN, 27 Oktober 2021 – Bertempat di Aula Mufakat komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten Barito Kuala,  …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *