Home / Berita / Konservasi Anggrek Lokal Ex-Situ di SKW 1 Pelaihari

Konservasi Anggrek Lokal Ex-Situ di SKW 1 Pelaihari

1-2021-02-16 at 12.47.33

PELAIHARI, 6 FEBRUARI 2021 – Para Pejuang konservasi anggrek binaan Balai KSDA Kalimantan Selatan yang tergabung dalam Kelompok Masyarakat Peduli Anggrek “Amabilis Lestari” Kabupaten Tanah Laut kembali melakukan pertemuan rutin.  Pertemuan yang diadakan setiap 2 bulan sekali ini bertempat  di Rumah Bapak Suliyo (Sekretaris kelompok), bertujuan sebagai sarana silaturahmi antar anggota kelompok dan wadah berbagi informasi dan pengetahuan terkait budidaya dan pelestarian anggrek lokal khususnya di wilayah Kabupaten Tanah Laut.  Acara  ini dihadiri oleh Pengurus dan anggota kelompok serta Kepala SKW I Pelaihari Mirta Sari, S.Hut, M.P. didampingi oleh Kepala Resort SM. Pelaihari Akhmad Fauzan, S.Hut.

2-2021-02-16 at 12.48.01

Pada Pertemuan ini, Bapak Hermanto (Ketua Kelompok), Bapak Suliyo (Sekretaris) dan Bapak Patnur (Seksi Humas) mewakili kelompok mengharapkan Balai KSDA Kalimantan Selatan sebagai instansi pembina terus menerus memberikan perhatian, dukungan dan motivasi sehingga kelompok bisa lebih maju, solid dan bisa berkembang sesuai dengan harapan.  Kelompok Amabilis Lestari yang dibentuk sejak tahun 2018 ini mengharapkan adanya fasilitasi berupa Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait Pelatihan pengembangan budidaya anggrek melalui metode kultur jaringan dengan mendatangkan tenaga ahli di bidang tersebut.  Selain itu mereka juga berharap kedepannya Kelompok Amabilis Lestari bisa memiliki Laboratorium sendiri terkait pengembangan dan budidaya anggrek.  Melalui pelatihan dan adanya laboratorium  dapat mewujudkan tujuan kelompok untuk mengembalikan dan mengembangkan khususnya populasi Anggrek Bulan Pelaihari (Phalaenopsis amabilis) yang keberadaannya langka dan misteri menjadi spesies yang mudah ditemui di wilayah Tanah Laut.

3-2021-02-16 at 12.48.21

Menanggapi hal tersebut Kepala SKW I Pelaihari Mirta Sari menyampaikan arahan Kepala Balai  KSDA Kalimantan Selatan Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc  tekait upaya pelestarian dan konservasi anggrek yang dilakukan oleh kelompok ini.  Kepala Balai sangat mendukung dan mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh penggiat konservasi anggrek yang tergabung dalam kelompok Amabilis Lestari dimana peranannya sangat diharapkan dalam pelestarian Anggrek Bulan Pelaihari (Phalaenopsis amabilis) dan Anggrek Spesies Meratus Kalimantan Selatan.  Balai KSDA Kalimantan Selatan akan mengusahakan dan berupaya memfasilitasi apa yang menjadi usulan kelompok terkait pelestarian dan budidaya anggrek di Tanah Laut.

Melalui kelompok Amabilis Lestari serta dukungan dari Balai KSDA Kalimantan Selatan dan Pemda Tanah Laut diharapkan terjalin komunikasi dan komitmen dan kegiatan terencana terkait upaya pelestarian Anggrek Bulan Pelaihari (Phalaenopsis amabilis) yang keberadaanya sangat langka serta jarang dijumpai karena plasma nutfahnya sudah banyak yang diambil untuk tujuan bisnis.  Diharapkan pula populasi Anggrek Bulan Pelaihari yang merupakan maskotnya Kabupaten Tanah Laut ini bisa kembali lestari dengan upaya-upaya pelestarian oleh seluruh elemen dan pihak terkait.  Salam Lestari…!!! Salam Konservasi…!!! (ryn)

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by : Akhmad Fauzan, S.Hut (Kepala Resort SM Pelaihari, SKW I Pelaihari) 

About Admin BKSDA

Check Also

Lahiran Rusa Sambar di Penangkaran PLTU Asam-Asam SKW I Pelaihari

PELAIHARI, 5 FEBRUARI 2021 – Penangkaran rusa sambar (Cervus unicolor) milik PLTU Asam-Asam dengan nomor …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *