Home / Berita / Kemerdekaan RI 74 dengan Pelepasliaran Satwa di Tahura Sultan Adam

Kemerdekaan RI 74 dengan Pelepasliaran Satwa di Tahura Sultan Adam

1Banjarbaru, 1 Agustus 2019 – Dalam rangka mengisi Bulan Kemerdekaan RI ke-74 dan Hari Konservasi Alam Nasional 2019, sekaligus rangkaian Kunjungan Menteri LHK Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar di Kalsel,  maka demi menjaga dan melestarikan populasi satwa liar di habitat alami, BKSDA Kalimantan Selatan bersama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan melakukan kegiatan pelepasliaran satwa di Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam berlokasi di Mandiangin Kabupaten Banjar. Terdapat 6 ekor satwa yang dilepasliarkan di Tahura yaitu Binturong (Arctictis binturong) sebanyak 1 ekor, Kukang (Nycticebus menagensis) sebanyak 2 ekor.  Kedua jenis satwa ini termasuk dalam kategori dilindungi. Sementara satwa lainnya yang dilepasliarkan dan tidak termasuk dalam kategori dilindungi undang-undang  adalah Musang Pandan (Paradoxurus hermaphrodites) sebanyak 1 ekor, Ayam Hutan (Lophura ignita) sebanyak 2 ekor.

2 

Kegiatan pelepasliaran ini dilakukan oleh BKSDA Kalsel mewakili Kepala Balai KSDA Kalsel Darwin, S.Hut dan Jarot Jaka M serta tim KKH. Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, diwakili oleh Bp. Warsita (Sekretaris Dinas Kehutanan), Rahmat Riansyah (Kepala Tahura) dan beberapa staf lainnya.

4
Menurut Kepala BKSDA Kalsel, Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc., pelepasliaran ini merupakan salah satu upaya dalam menjaga populasi satwa liar di habitat alami. Kedepan kita berharap satwa yang dilepasliarkan di Tahura ini dapat beradaptasi dan berkembangbiak, sehingga resiko kepunahan satwa dapat diminimalisir, imbuhnya. Kerjasama para pihak, terutama keterlibatan masyarakat sangat penting dalam usaha pengawetan satwa dan tumbuhan, demikian pula dukungan Dishutprov, UPTD Tahura dan KPH sangat berharga. (ryn)

 

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by : Jarot Jaka Mulyono, S.Hut, M.Sc (Call Center BKSDA Kalsel)

About Admin BKSDA

Check Also

BKSDA Kalsel Apel Hari Kemerdekaan RI ke-74

BANJARBARU, 17 AGUSTUS 2019 – Tanggal 17 Agustus akan selalu menjadi tanggal penting bagi bangsa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *