Home / Berita / Hari Peduli Sampah Nasional, BKSDA Kalsel Bersihkan TWA Pelaihari

Hari Peduli Sampah Nasional, BKSDA Kalsel Bersihkan TWA Pelaihari

Hari Peduli Sampah Nasional, BKSDA Kalsel Bersihkan TWA Pelaihari (01)

PELAIHARI, 4 MARET 2019 – Sampah plastik saat ini menjadi momok dalam hal kebersihan lingkungan. Salah satu caranya dengan mengurangi penggunaan kantong plastik saat berbelanja. Sejalan dengan itu pada momentun Hari Peduli Sampah Nasional 2019 yang serentak dilakukan se-Indonesia, Senin siang (4/3/2019) HPSN 2019 untuk Kalsel di pusatkan di objek wisata Pantai Batakan (TWA Pelaihari) di Kecamatan Panyipatan yang di prakarsai Balai KSDA Kalimantan Selatan.

Kegiatan berupa aksi bersih-bersih pesisir pantai Batakan yang melibatkan berbagai komunitas, lintas SKPD, TNI, Polri, UPT Kementerian LHK Provinsi Kalimantan Selatan, Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan dan Kabupaten Tala, mahasiswa, Aparatur Kecamatan dan Desa, LSM, swasta dan Pokdarwis Konservasi serta masyarakat setempat menyisir pantai sambil membawa kantong plastik dan karung plastik mudah lapuk untuk sampah yang di pungut. Kegiatan diawali dengan gelar pasukan, aksi bersih-bersih sampah dengan Pembina Apel Bupati Tanah Laut, Drs. H. Sukamta, M.AP.

Bupati Tanah Laut dalam amanat gelar pasukan membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr. Siti Nurbaya. Amanat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengungkapkan bahwa HPSN sebagai momentum yang sangat strategis di peringati setiap tahun, di samping mendorong pemerintah daerah untuk menuju Indonesia Bersih.

Hari Peduli Sampah Nasional, BKSDA Kalsel Bersihkan TWA Pelaihari (02)

Setelah apel tanpa ragu puluhan masyarakat peduli sampah bersama Kepala BKSDA Kalsel, Dr. Mahrus Aryadi, M.Sc, Bupati Tanah Laut, Drs. H. Sukamta, M.AP, Kepala Dinas LH Tala Ir. Riyadi, Ma.Cd. dan Manager PLN UPK Asam Asam, Doni Ocniza didampingi Kepala Seksi KW 1 Pelaihari Mirta Sari, S.Hut, MP turun memungut sampah di Taman Wisata Alam Pelaihari Pantai Batakan dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019.

Menurut Kepala BKSDA Kalsel, Dr. Mahrus Aryadi, M.Sc, memang sengaja dipilih TWA Pelaihari dalam peringatan HPSN karena Pantai Batakan tampak masih stagnan dalam pengelolaan sampah sehingga mereka menginisiasi sejak 2018 lalu ada kegiatan pembersihan pantai.

Hari Peduli Sampah Nasional, BKSDA Kalsel Bersihkan TWA Pelaihari (03)

“Nanti minimal setiap sebulan sekali ada kegiatan bersih-bersih pantai bersama kelompok sadar wisata konservasi,” terang Mahrus.

Setidaknya harapannya kegiatan bersih-bersih pantai dapat menyadarkan masyarakat akan sampah plastik yang harus dikurangi di pantai. Terlebih di pantai ada sampah dari laut dan sampah dari pengunjung pantai.

“Nantinya BKSDA Kalsel juga akan membenahi TWA Pelaihari, Pantai Batakan untuk lebih bersih dengan menambah jumlah tempat sampah. Selain itu sampah yang terkumpul juga akan diolah menjadi barang yang bermanfaat”.

“Kita akan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan sekitar dan pemerintah Kabupaten Tanah Laut dalam pembenahan nanti, seperti hari ini gelaran ini juga didukung beberapa perusahaan,” terangnya.

Salah satu perusahaan yang mendukung peringatan HPSN 2019 adalah PLN UPK Asam Asam yang menyiapkan 250 tumbler. Manager PLN UPK Asam Asam, Doni Ocniza menyampaikan bahwa PLN UPK Asam Asam selalu berkontribusi dalam kegiatan lingkungan.

Hari Peduli Sampah Nasional, BKSDA Kalsel Bersihkan TWA Pelaihari (04)

Bupati Tanah Laut Drs. H. Sukamta, M.AP. mengatakan bahwa TWA Pelaihari, Pantai Batakan memang layak menjadi lokasi bersih-bersih pantai karena merupakan pantai yang belum dibenahi layaknya Pantai Takisung”.

Hasil bersih-bersih sampah secara total berat sampah yang dipungut sebanyak 2,5 ton terdiri dari sampah botol plastik, gelas plastik, plastik bungkus makanan, daun-daunan kering, kayu ranting limpasan dari muara Sungai Barito. Estimasi sampah plastik yang terkumpul 0,5 ton, terang Mirta selaku ketua pelaksana HPSN 2019. Mirta mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi termasuk pihak swasta seperti Inhutani III, Adaro Indonesia dan Citra Prima Utama. (jrz)

 

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by : Jauhari Arifin (Staf BKSDA Kalsel)

About Admin BKSDA

Check Also

Rombongan Kedubes RI untuk Finlandia dan Estonia Kunjungi TWA Pulau Bakut

BARITO KUALA, 13 MARET 2019 – Duta Besar Luar Biasa Republik Indonesia (RI) untuk Finlandia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *