Home / Berita / Evakuasi dan Pelepasliaran Si Kuntet Buaya Muara dari Desa Sukaramai Kec. Wanaraya Kab. Barito Kuala

Evakuasi dan Pelepasliaran Si Kuntet Buaya Muara dari Desa Sukaramai Kec. Wanaraya Kab. Barito Kuala

1WhatsApp Image 2019-07-05 at 16.43.26Banjarbaru, 3 Juli 2019 – BKSDA Kalsel mendapat laporan terkait adanya satwa liar yang dilindungi Undang-undang berupa  buaya muara (Crocodylus porosus) yang dipelihara oleh warga di Desa Sukaramai Rt.4 Rw.2, Belawang, Kec. Wanaraya Kabupaten Barito Kuala melalui call center.

 

Tim  BKSDA Kalsel bersama Polsek Wanaraya Kabupaten Barito Kuala segera menindaklanjuti laporan tersebut dan mendatangi lokasi keberadaan buaya muara. Diketahui warga sudah memelihara buaya selama 15 tahun. Awalnya buaya di dapat pada saat menangkap ikan dengan jala di Sungai Sebangau Provinsi Kalimantan Tengah, dari ukuran buaya tersebut sepanjang 30 cm sampai saat ini mencapai panjang 290 cm.

2WhatsApp Image 2019-07-05 at 16.42.46

Buaya muara, berjenis kelamin betina, dengan panjang 290 cm tersebut akhirnya di serahkan pada BKSDA Kalsel dengan disaksikan oleh pihak kepolisian dari Polsek Wanaraya, karena pemelihara buaya baru mengetahui bahwa satwa tersebut dilindungi undang-undang.

WhatsApp Image 2019-07-05 at 16.44.24

Buaya Muara, yang diberi nama, Si Kuntet oleh pemeliharanya, kemudian dibawa ke SM Pelaihari untuk dilepasliarkan kembali ke habitatnya. Semoga buaya muara yang dilepasliarkan ke habitat alaminya ini mampu beradaptasi dan  berkembangbiak, sehingga populasi alami buaya yang ada di kawasan ini tetap terjaga.(Ryn)


 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by : Usman, S.Hut (Staf BKSDA Kalsel) 

About Admin BKSDA

Check Also

Pemadaman Karhutla di Cagar Alam Teluk Pamukan

Pamukan, Senin 09 September 2019 – Musim kemarau yang panjang terjadi di tahun 2019 mulai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *