Home / Berita / Evakuasi Buaya Muara (Crocodylus porosus) di SKW 1

Evakuasi Buaya Muara (Crocodylus porosus) di SKW 1

Evakuasi Buaya Muara di SKW 1 (01)
BARABAI, 30 APRIL 2019 – Buaya Muara (Crocodylus porosus) yang menjadi peliharaan warga Jl. Sarigading, Barabai, Kab. HST, pada tanggal 30 April 2019, sekitar pukul 17.45 WITA sudah berhasil dievakuasi oleh Tim BKSDA Kalsel. Buaya tersebut sempat terlepas dari kandang dan meresahkan warga . Informasi tentang keberadaan buaya muara sempat menjadi perbincangan di sosial media. Buaya muara dengan panjang 1 meter dan umur 3 tahun itu  sudah dipelihara warga (Syamsuri) sejak dari kecil. Berdasarkan pengakuannya, buaya tersebut berasal dari Kalimantan Timur.

Menurut Kepala Balai BKSDA Kal-Sel Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc., Buaya Muara merupakan satwa dilindungi Undang-undang. Dihimbau kepada masyarakat yang memelihara satwa yang dilindungi untuk menyerahkan ke BKSDA Kalsel agar dapat dilepasliarkan atau dipelihara di Lembaga Konservasi, imbuhnya.

Buaya selanjutnya akan dititipkan ke Lembaga Konservasi Satwa binaan BKSDA Kalsel di Tanah Bumbu. Harapannya buaya tersebut mampu beradaptasi dan berkembangbiak di lokasi barunya, di Lembaga Konservasi yang telah dikelola secara profesional. (jrz)

 

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by : Jarot Jaka Mulyono S.Hut, M.Sc (PEH BKSDA Kalsel)

About Admin BKSDA

Check Also

Evakuasi dan Pelepasliaran Si Kuntet Buaya Muara dari Desa Sukaramai Kec. Wanaraya Kab. Barito Kuala

Banjarbaru, 3 Juli 2019 – BKSDA Kalsel mendapat laporan terkait adanya satwa liar yang dilindungi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *