Home / Berita / Bukber di TWA Pulau Bakut

Bukber di TWA Pulau Bakut

Bukber di TWA Pulau Bakut (01)
MARABAHAN, 15 Mei 2019 – Dalam rangka meningkatkan koordinasi dan silaturahmi antara Balai KSDA Kalimantan Selatan dengan pihak terkait di sekitar kawasan Taman Wisata Alam Pulau Bakut, pada hari Rabu tanggal 15 Mei 2019 telah dilaksanakan acara buka bersama yang bertempat di Kantor Resort TWA Pulau Bakut Desa Marabahan Baru Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala. Hadir dalam acara buka bersama tersebut Kepala BKSDA Kaliantan Selatan Dr.Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc didampingi Kepala Sub Bag TU Suwandi, S.Hut., M.A., Kepala SKW II Banjarbaru M. Ridwan Effendi, S.Hut., M.Si beserta staf Resort. Buka Puasa Bersama juga dihadiri oleh Camat Anjir Muara, Camat Alalak, Kapolsek Anjir Muara, Kapolsek Alalak, Danramil Anjir Muara, Danramail Alalak, Kepala Desa Marabahan Baru, Kepala Desa Beringin serta sejumlah perwakilan kelompok Masyarakat Mitra Pariwisata Desa Marabahan Baru dan Desa Beringin, serta masyarakat sekitar kantor resort.

Dalam sambutannya selaku perwakilan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala, Camat Anjir Muara Bapak Jaya Hidayatullah, S.Sos menyambut baik acara ini dan berharap dapat dijadikan momentum untuk lebih meningkatkan koordinasi antar para pihak dalam membangun kesepahaman dan kesepakatan untuk mewujudkan optmalisasi pengembangan kegiatan pariwisata alam di TWA Pulau Bakut. Selain itu beliau berharap agar payung hukum berupa Peraturan Desa terkait kegiatan pemberdayaan masyarakat di sekitar TWA Pulau Bakut  baik Desa Beringin maupun Desa Marabahan Baru dapat segera terbit agar dapat memberikan kepastian bagi kelompok masyarakat mitra pariwisata di kedua desa tersebut untuk melaksanakan perjanjian kerjasama dengan Balai KSDA Kalimantan Selatan, terkait pengusahaan jasa wisata di TWA Pulau Bakut.

Bukber di TWA Pulau Bakut (02)
Sementara Camat Alalak M. Haris Isroyani, S.Sos berpesan walaupun TWA Pulau Bakut secara administrasi berada pada wilayah Desa Beringin Kecamatan Alalak, tetapi karena aksesibilitas menuju kawasan tersebut juga dapat ditempuh melalui wilayah desa Marabahan Baru Kecamatan Anjir Muara, maka pengelolaan wisata di TWA Pulau Bakut harus dilakukan secara bersama-sama oleh masyarakat dan pemerintahan desa yang yang ada disekitar kawasan wisata tesebut.

Kepala BKSDA Kalimantan Selatan menyatakan bahwa acara buka bersama ini memiliki 3 agenda yaitu :

1) Sebagai sarana membangun komunikasi yang lebih baik antar para pihak;

2) Evaluasi terhadap pelaksanakan kegiatan pariwisata alam di TWA Pulau Bakut;

3) Syukuran penggunaan kantor Resort TWA Pulau Bakut.

Lebih jauh Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc  menjelaskan bahwa tujuan BKSDA Kalimantan Selatan mengembangkan TWA Pulau Bakut sebagai salah satu tujuan wisata di Provinasi Kalimantan Selatan adalah agar fungsi TWA Pulau Bakut sebagai kawasan konservasi khususnya kegiatan wisata alam dapat berjalan secara optimal (fungsi ekologi) serta dapat memberikan manfaat positif bagi masyarakat sekitar TWA Pulau bakut baik dari aspek ekonomi maupun sosial.

Bukber di TWA Pulau Bakut (03)
Dari hasil evaluasi pihak BKSDA Kalimantan Selatan, pelaksanaan kegiatan pariwisata alam selama kurun waktu sekitar 4 Bulan terhitung soft opening 2 Januari 2019 oleh Bupati memberikan prospek yang cukup baik dilihat dari jumlah pengunjung yang cukup signifikan yaitu sebanyak 6.378 orang untuk wisatawan nusantara dan 26 orang wisatawan manca negara, walaupun ada beberapa hal yang harus diperbaiki.

Dengan adanya kantor Resort TWA Pulau Bakut Kepala BKSDA Kalsel berharap agar lebih memudahkan para pihak untuk berkoordinasi dengan jajaran Resort TWA Pulau bakut, sehingga pengelolaan kawasan konservasi TWA Pulau bakut lebih efektif dan efiisen. Setelah dilakukan diskusi terkait upaya perbaikan pengelolaan TWA Pulau Bakut khususnya pengembangan wisata alam, acara ditutup dengan do’a dan dilanjutkan buka bersama. (jrz)

 

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by : M. Ridwan Effendi, S.Hut, M.Si (Kepala SKW II Banjarbaru)

About Admin BKSDA

Check Also

Evakuasi dan Pelepasliaran Si Kuntet Buaya Muara dari Desa Sukaramai Kec. Wanaraya Kab. Barito Kuala

Banjarbaru, 3 Juli 2019 – BKSDA Kalsel mendapat laporan terkait adanya satwa liar yang dilindungi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *