Home / Berita / BKSDA Kalsel Bersama BKSDA Kalteng Rehabilitasi Satwa Owa- Owa (Hylobathes muellerii)

BKSDA Kalsel Bersama BKSDA Kalteng Rehabilitasi Satwa Owa- Owa (Hylobathes muellerii)

1IMG20191001214210Banjarbatu, 1 Oktober 2019, Dalam upaya rehabilitasi satwa hasil penyerahan masyarakat, Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan telah menyerahkan 5 ekor satwa liar dilindungi berupa Owa-owa (Hylobathes muellerii) dengan jenis kelamin 3 ekor jantan dan 2 ekor betina kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Tengah. Penyerahan dilaksanakan pada hari Selasa 1 Oktober 2019 oleh Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Banjarbaru M Ridwan Effendi, S.Hut., M.Si kepada Ettie Ratiana PEH  BKSDA Kalimantan Tengah.

2IMG20191001230001

Owa – owa yang diserahkan berumur sekitar ± 7-25 Tahun untuk jantan dan ± 2,5-17 tahun untuk betina yang merupakan satwa hasil penyerahan dari masyarakat di wilayah provinsi Kalimantan Selatan. Satwa ini sudah berada di kandang transit BKSDA Kalsel selama ± 2 tahun dan perlu segera di Habituasi dan pelepas-liaran.

3IMG20191001234037

Menurut Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan Dr.Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc bahwa penyerahan satwa Owa-owa kepada Balai KSDA Kalimantan Tengah sebagai langkah untuk rehabilitasi satwa dimaksud yang akan dilakukan oleh Yayasan Kalaweit Kalteng dengan harapan agar perawatan dan penanganan kesehatan kepada ahlinya untuk dapat mengembalikan sifat liar dari satwa tersebut. Lebih lanjut Dr. Mahrus menjelaskan bahwa diperlukan waktu 3-5 tahun lamanya untuk dilakukan rehabilitasi satwa Owa-owa agar bisa mengembalikan sifat liarnya sebelum dilepasliarkan pada habitat aslinya. (ryn)

 

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by : M. Ridwan Effendi, S.Hut, M.Si (Kepala SKW II Banjarbaru) 

About Admin BKSDA

Check Also

Rescue Bekantan di Tanah Bumbu

Batulicin, 26 September 2019, Satu lagi maskot Provinsi Kalimantan Selatan yang berhasil di selamatkan, informasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *