Home / Berita / Beruang Madu kembali Ke Kandang Transit

Beruang Madu kembali Ke Kandang Transit

1-2020-05-28 at 16.10.36BANJARBARU, 28 Mei 2020 – Menindaklanjuti Surat dari Pimpinan PT. Wisata Harapan Borneo selaku pengelola  Bekantan Park, Tim BKSDA Kalimantan Selatan melakukan evakuasi satwa liar dilindungi Undang-undang jenis Beruang Madu (Helarctos malayanus).

Karena adanya pandemi Covid-19 dan fasilitas perawatan yang kurang memadai menjadi alasan dari pihak Bekantan Park mengembalikan satwa tersebut yang telah dipelihara selama 13 tahun sejak BKSDA Kalsel menitip rawatkan pada Tahun 2007 silam. Sebagaimana diketahui Bekantan Park merupakan obyek wisata outbond yang didedikasikan untuk anak-anak. Di dalamnya terdapat mainan anak-anak seperti flying fox, jembatan tali yang membentang diatas kolam, dan juga aneka satwa.

2-2020-05-28 at 16.10.49

Proses evakuasi beruang madu berjenis kelamin betina dilakukan sejak Rabu (27/5/2020) pagi. Beruang berhasil dievakuasi oleh Tim BKSDA Kalsel dengan menggunakan jala. Kemudian dibawa ke kandang transit SKW II Banjarbaru untuk dilakukan perawatan lebih lanjut hingga saatnya nanti dilepasliarkan di habitatnya.

3-2020-05-28 at 16.11.01

Upaya penyelamatan terhadap satwa liar dilindungi undang-undang ini merupakan tugas dan fungsi Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan. Penanganan evakuasi satwa ini dilakukan secara Gerak CTM (Cepat, Tepat dan Manfaat) sesuai dengan prinsip kerja Kepala BKSDA Kalimantan Selatan, Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc. Lebih lanjut Dr. Mahrus menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak pengelola Bekantan Park atas kerjasamanya selama ini dalam merawat satwa beruang tersebut. (ryn)

 

 

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by : Aji Faisal Noor Zaky (Polhut SKW II Banjarbaru) 

About Admin BKSDA

Check Also

Pelepas-liaran Kukang (Nycticebus menagensis) di TWA Pulau Burung dan Pulau Suwangi SKW 3

BATULICIN, 26 JUNI 2020 – Balai KSDA Kalsel melalui Seksi Konservasi Wilayah III Batulicin melakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *