Home / Berita / Bantuan Ekonomi untuk Masyarakat Mitra Pariwisata TWA Pulau Kembang

Bantuan Ekonomi untuk Masyarakat Mitra Pariwisata TWA Pulau Kembang

1-2021-06-24 at 15.49.37

PULAU KEMBANG, 22 JUNI 2021 – Balai KSDA Kalimantan Selatan kembali mengambil peran atas hadirnya pihak pemerintah khususnya KLHK di tengah-tengah masyarakat.  Kali ini Balai KSDA Kalimantan Selatan melaksanakan penyaluran bantuan ekonomi masyarakat kepada kelompok masyarakat mitra pariwisata TWA Pulau Kembang “Kembang Sejahtera” Desa Tinggiran II Luar.  Penyaluran bantuan ekonomi masyarakat ini dilaksanakan pada hari Selasa, 22 Juni 2020 yang bertempat di kantor resort TWA Pulau Kembang.   Bantuan usaha ekonomi ini adalah sebagai bentuk peran serta KLHK melalui Balai KSDA Kalimantan Selatan khususnya SKW II selaku perpanjangan tangan Pemerintah Indonesia dalam upaya pemberdayaan masyarakat yang ada di sekitar kawasan konservasi dan mendukung peningkatan ekonomi masyarakat ditengah krisis pandemi Covid-19.

Penyerahan bantuan usaha ekonomi masyarakat ini diserahkan langsung oleh Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan, Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc didampingi oleh Kepala SKW II Banjarbaru, M. Ridwan Effendi, S.Hut, M.Si serta Kepala Resort KSDA TWA Pulau Kembang, Suwandi.  Penerima bantuan usaha ekonomi masyarakat ini diterima oleh Dewi selaku Ketua Kelompok Masyarakat Mitra Pariwisata TWA Pulau Kembang “Kembang Sejahtera” Desa Tinggiran II Luar . 

Kepala Balai Dr. Mahrus menyampaikan pesan kepada penerima bantuan agar dalam melaksanakan kegiatan usaha ekonomi masyarakat yang diutamakan adalah keterbukaan dan kebersamaan, namun segala kendali ada pada ketua kelompok. Aspirasi anggota kelompok dan permasalahan yang terjadi dalam kelompok agar disampaikan kepada ketua kelompok dan dimusyawarahkan bersama untuk mencari solusi yang terbaik.  Kepala Balai juga berharap agar bantuan ini memberikan dampak kepada anggota kelompok lainnya.  Dalam arti lain, bantuan ini bergulir kepada anggota kelompok lainnya, sehingga kesejahteraan anggota kelompok dapat meningkat dengan adanya bantuan ini.

2-2021-06-24 at 15.50.01

Jenis usaha yang dilaksanakan kelompok masyarakat mitra pariwisata adalah penjualan makanan dan minuman di TWA Pulau Kembang.  Kepala Balai juga menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa masyarakat selaku pedagang ataupun pemandu wisata harus tetap menjaga protokol kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh.  Hal ini dikarenakan para pedagang dan pemandu wisata selalu berinteraksi dengan pengunjung, maka dari itu protokol kesehatan dan daya tahan tubuh harus benar-benar diperhatikan.  Pesan lain dari Kepala Balai adalah agar seluruh anggota kelompok turut menjaga kebersihan dan kenyamanan di TWA Pulau Kembang.   Dengan pelibatan masyarakat akan menumbuhkan rasa memiliki dan bertanggung-jawab terhadap kelestarian TWA Pulau Kembang sehingga pengunjung TWA Pulau Kembang akan terus meningkat dan kelestarian fungsi kawasan tetap terjaga. (ryn)

 

 

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by : Cecep Budiarto, S.Hut (Penyuluh Kehutanan SKW II Banjarbaru) 

About Admin BKSDA

Check Also

Pemulihan Ekosistem Mekanisme Alami di SM Pelaihari

PELAIHARI, 6 JULI 2021 – Resort Jorong SKW I Pelaihari BKSDA Kalimantan Selatan melakukan giat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *