Home / Berita / Bantuan Dana Kelompok Kemitraan Konservasi di SM Kuala Lupak

Bantuan Dana Kelompok Kemitraan Konservasi di SM Kuala Lupak

1-2021-04-12 at 14.11.50

TABUNGANEN, 6 APRIL 2021 – Balai KSDA Kalimantan Selatan kembali menyalurkan bantuan dana fasilitasi kemitraan konservasi kepada kelompok masyarakat di sekitar kawasan konservasi sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat sekitar kawasan konservasi.  Kegiatan ini dalam rangka pengembangan kegiatan pemberdayaan masyarakat sekitar kawasan konservasi dan juga mendukung peningkatan ekonomi masyarakat sekitar kawasan konservasi. Penyerahan bantuan dana pemberdayaan masyarakat dilaksanakan pada hari Selasa, 6 April 2021 yang bertempat di salah satu tambak milik anggota kelompok, di Sungai Ladung SM Kuala Lupak. Penerima bantuan dana ini adalah Kelompok Kemitraan Konservasi “Mandiri Bersama” Desa Sungai Telan Besar dan Kelompok Kemitraan Konservasi “Suka Maju” Desa Kuala Lupak dengan jenis kegiatan adalah penanaman bakau dan budidaya kepiting. 

2-2021-04-12 at 14.12.08

Bantuan dana pada tahun kedua ini diserahkan kepada kelompok kemitraan konservasi karena keberadaan kelompok ini berdasarkan penilaian kami dapat berkembang dengan jenis usaha yang telah dijalankan.  Diharapkan dengan bantuan dana ini jenis usaha kelompok dapat lebih berkembang dan memberikan dampak ekonomi kepada seluruh anggota  kelompok dan masyarakat desa. Penyerahan bantuan dana ini diserahkan langsung oleh Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan, Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc didampingi oleh Kepala Sub Bag. Tata Usaha, Suwandi S,Hut, M.A. dan Kepala SKW II Banjarbaru, M. Ridwan Effendi, S.Hut, M.Si beserta Kepala  Resort KSDA SM Kuala Lupak dan SM Pulau Kaget, Ahmad Barkati.  Sedang perwakilan dari kelompok penerima bantuan dana adalah H. Nurdin selaku ketua Kelompok Kemitraan Konservasi “Mandiri Bersama” Desa Sungai Telan Besar dan Jawase selaku ketua Kelompok Kemitraan Konservasi “Suka Maju” Desa Kuala Lupak.

3-2021-04-12 at 14.12.22

Kepala Balai berpesan agar dana dari Pemerintah Republik Indonesia dapat dimanfaatkan secara terencana, efisien, transparan dan manfaat secara bergulir serta memberikan peningkatan usaha ekonomi masyarakat sekitar kawasan, selain itu agar dilaksanakan penghitungan ekonomi atas kegiatan tersebut sehingga dapat diketahui manfaat secara ekonominya. Selanjutnya beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan  pemberdayaan masyarakat akan memberikan kesempatan membuka peluang usaha bagi kelompok dan diharapkan nantinya peluang usaha tersebut akan bergulir pada setiap anggota di dalam kelompok tersebut.  Peluang usaha yang bergulir nantinya akan berdampak pada seluruh lapisan masyarakat melalui kelompok-kelompok lain dan kegiatan-kegiatan lainnya. Pada kesempatan tersebut juga Kepala Balai melakukan panen kepiting disalah satu lokasi budidaya kepiting yang memperoleh bantuan tahun sebelumnya. Diharapkan kegiatan ini juga memperkuat hubungan BKSDA dengan masyarakat untuk mendukung pengamanan kawasan SM Kuala Lupak. (ryn)

 

 

salam bekantan !!!

Source & Doc. by : Cecep Budiarto, S.Hut (Penyuluh Kehutanan SKW II Banjarbaru) 

About Admin BKSDA

Check Also

Pemulihan Ekosistem Mekanisme Alami di SM Pelaihari

PELAIHARI, 6 JULI 2021 – Resort Jorong SKW I Pelaihari BKSDA Kalimantan Selatan melakukan giat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *